Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Android Phone

Pada era sekarang sistem operasi (OS) Android yang berbasis Linux dengan sejarah yang menarik dan setiap urutan OS ini memiliki fitur yang berguna dan Android juga telah membumi diseluruh dunia.

Hampir semua produsen smartphone telah menggunakan OS yang diciptakan oleh Andy Rubin ini. Bahkan raksasa produsen smartphone dulu, Nokia, yang sebelumnya menggunakan Symbian kini berpindah memakai Android. Sistem operasi ini juga bahkan mengalahkan iOS milik Apple.

OS Android yang dibuat khusus untuk smartphone ini dapat digunakan dengan mudah. Penggunaan OS ini sangatlah mudah seperti memilih navigasi atau menu dengan gestur ketuk, cubit, ketuk. Untuk mencari aplikasi, Android telah menyediakan toko aplikasi guna memudahkan penggunanya. Berbagai aplikasi bisa didapatkan secara gratis ataupun berbayar.

Android Version | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Sejarah Android

Sejarah OS dengan nama Android ini berawal pada tahun 2003 ketika Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Christ White menciptakan sebuah sistem operasi sebelum iPhone dan iOS-nya lahir. Andy Rubin beserta kawannya mendirikian perusahaan Android Inc di Palo Alto, California.

Sebelum populer kata smartphone, pada mulanya Android bertujuan digunakannya sebagai sistem operasi kamera digital. Akan tetapi pasar untuk kamera digital yang kurang hangat membuat OS buatan Andy Rubin Cs berpindah haluan menjadi OS bagi smartphone.

Pada tahun 2005, Android berpindah kepemilikan ke tangan Google. Walaupun demikian, Andy Rubin beserta pendiri lainnya, tetap berkecimpung dengan OS ciptaannya meskipun temuannya ini telah berpindah tangan.

Dengan diakuisisinya Android, Google hendak memasukannya ke pasar hp dunia. HTC Dream menjadi smartphone pertama yang menggunakan jasa Android, walaupun pada masa itu, masih belum menarik perhatian orang banyak. Akan tetapi lama kelamaan mulai mengalahkan eksistensi Symbian yang sedang berjaya

Hal ini diawali dengan Google merilis Nexus, smartphone yang bekerjasama dengan 3 perusahaan sekaligus, yakni HTC, LG, dan Samsung.

Setelah Android cukup tenar, banyak produsen HP tertarik untuk menggunakan jasa OS ini pada perangkatnya. Salah satu keunggulan Android yang menarik bagi produsen HP adalah Android yang bersifat Open Source.

Sistem Operasi rancangan Andy Rubin Cs ini terus memperbaharui versi dari Android ini. Dari versi Android terbaru itu ditambahkan fitur tambahan dan juga perbaikan kekurangan yang ada pada versi sebelumnya. Tak hanya itu, pengguna akan disuguhkan dengan tampilan antarmuka (UI) yang berbeda pada setiap versinya.

Selain itu, Google juga memberi penamaan yang unik di setiap urutan sistem operasi Android terbarunya. Mulai dari versi Android 1.5 hingga terbaru 9.0 setiap versinya diberi nama makanan pencuci mulut atau camilan manis seperti kue, permen, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, penamaannya juga mengikuti urutan abjad yang dimulai dari C, D, E, F, dan seterusnya. Berikut tingkatan OS Android dari terendah sampai tertinggi.

Urutan Versi Android Beserta Nama dan Fiturnya

1. OS Android 1.0 Alpha

Android 1.1 Astro | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

OS Android Alpha adalah urutan versi os android yang pertama dan yang menjadi cikal bakal versi-versi Android selanjutnya.

OS Android Alpha dirilis pada 23 September 2008 yang sebenarnya versi awal ini akan dinamakan Astro akan tetapi karena ada masalah hak cipta atas nama Astro jadinya tidak dipakai dan akhirya diberi nama Android 1.1 Alpha. Tidak banyak berdar informasi menganai seperti apa fiturnya karena versi andrid pertama ini adalah prototipe yang belum dipasarkan untuk smartphone secara umum.

2. OS Android 1.1 Bender

Android 1.1 Bender | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Selang satu tahun setelah dibuatnya OS Android 1.1 Alpha, lahirlah versi lanjutannya yang diberi nama Bender. Versi kedua ini dirilis pada 30 Februari 2009.

Sama seperti pendahunya, Bender mempunyai masalah penamaan karena Bender ternyata sudah ada yang punya dan dipatenkan. Awalnya, versi ini dirilis cuma untuk perangkat T-Mobile G1 namun tidak jadi karena masalah terkait hak cipta.

3. OS Android 1.5 Cupcake

Android 1.5 Cupcake | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Urutan Android dengan kode nama 1.5 Cupcake adalah versi pertama OS Android yang dinamai dengan nama makanan. Selain itu, versinini adalah yang pertama dikomersilkan di dunia. Karena masih versi awal, Cupcake baru memiliki fitur-fitur seperti auto rotate, widget, dan keyboard virtual.

Versi ini dirilis pada bulan April 2009 dengan fitur baru dan peningkatan dibandingkan versi awalnya. Fitur yang sekarang kita gunakan seperti mengunggah video YouTube, tamplan layar yang berosetasi cara otomatis, dan juga dukungan keyboard pihak ketiga.

Smartphone yang dirilis dengan versi ini adalah Samsung Galaxy yang pertama serta HTC Hero.

4. OS Android 1.6 Donut

Android 1.6 Donut | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Pada tahun yang sama, Google kembali merilis versi terbaru dengan nama kode Donnut pada September 2009 dengan urutan Android yang kedua. Google menambahkan fitur-fitur yang variatif termasuk tersedianya dukungan jaringan CDMA yang memungkinkan smartphone Android dijual oleh semua operator di seluruh dunia.

Selain tersedianya jaringan CDMA, ada juga fitur lain yang menambah pengalaman pengguna smartphone seperti: Bluetooth, GPS, widget pengelelola WiFi, kotak pencarian cepat, Camcorder, dan juga Galeri.

Smartphone yang pertama kali menggunakan Android Donnut adalah Dell Streak, smartphone dengan layar 5 inci.

5. OS Android 2.0 – 2.1 Eclair

Android 2.0 – 2.1 Eclair | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Setahun setelah Android versi 1.0 muncul,  urutan Android selanjutnya versi 2.0, hadir dengan nama kode Eclairs. Pada versi Eclair ini, dibuat guna lebih futuristik bagi HP masa depan. Fitur-fiturnya lebih canggih dibandingkan versi sebelumnya, seperti fitur kamera, flash, efek warna untuk pengambilan gambar, dan juga focus.

Sedangkan pada UI telah berubah dengan lebih fresh apalagi fitur live wallpaper populer digunakan pada zamannya. Selain itu, pada Eclair ini hadir untuk pertama kalinya fitur text-to-speech, dan juga navigasi Google Maps.

Smartphone yang pertama kali menggunakan Android Eclair adalah Motorola Droid. Perangkat HP milik Motorola ini punya fakta yang menarik. Dikarenakan istilah Droid merupakan merek dagang milik Lucasfilm. Lebih tepatnya, pada robot dalam Star Wars.

Motorola harus mendapatkan ijin untuk menggunakan istilah itu, dan juga harus membayar kepada pihak Lucas film. Walaupun demikian, Google dengan aman bisa menggunakan istilah Android tanpa ganggu gugat dari pihak lain.

6. OS Android 2.2 – 2.2.3 Frozen Yogurt (Froyo)

Android 2.2 – 2.2.3 Frozen Yogurt (Froyo) | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Di urutan Android selanjutnya, versi terbaru Android dinamai dengan Frozen Yogurt (Froyo) yang dirilis Mei 2010.

Berbeda dengan versi sebelumnya, pada versi ini tersemat fitur yang lebih inovatif serta variatif. Pada versi ini user bisa merasakan fitur seperti portable WiFi Hotspot, USB Tethering, dan juga push notification. Selain itu, pengguna juga bisa mengekspor data aplikasi besar ke memori eksternal.

Smartphone yang pertama kali mendapat pembaharuan ke Android Froyo adalah Nexus One, smartphone Google yang bekerjasama dengan HTC.

7. OS Android 2.3 – 2.3.7 Gingerbread

Android 2.3 – 2.3.7 Gingerbread | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Setelah bertahun-tahun melanglang buana, akhirnya pada urutan android versi ini, cukup menarik perhatian yang signifikan. Sistem operasi rancangan Andy Rubin Cs ini bisa meruntuhkan daya tarik pesaingnya dengan hadirnya Gingerbread. Pada versi ini terpasang fitur yang cukup futuristik, yaitu NFC. Tak hanya itu,

Menariknya, versi ini merupakan versi tertua yang masih disimpan pada laman pembaharuan Google. Selain itu, menurut laporan pada September 2017, setidaknya ada 0.6% yang menggunakan versi Gingerbread.

Smartphone pertama yang menggunakan Gingerbread adalah Nexus One, produk hasil kerjasama Google dengan Samsung.

8. OS Android 3.0 – 3.2.6 Honeycomb

Android 3.0 – 3.2.6 Honeycomb | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Urutan Android versi ini pertama kali rilis pada September 2011. Gingerbread khusus digunakan pada tablet. Fitur-fiturnya seperti UI disesuaikan bagi layar besar. Selain itu, bilah notifikasi juga ditempatkan pada bagian bawah layar.

Lebih baik dibandingkan urutan Android sebelumnya, Honeycomb Mempunyai fitur System Bar, dukungan prosesor multi-core, layar home, dan juga home screen yang bisa dipermak.

Walaupun Gingerbread diperuntukkan bagi tablet, tetap saja masih ada tablet yang menggunakan Android versi 2.x. Oleh karena itu, penggunaan Gingerbread tidak efektif lalu pada versi selanjutnya diperbaharui agar bisa tampil di tablet maupun smartphone biasa.

Tablet yang pertama kali menggunakan Gingerbread adalah tablet keluaran Motorola, yaitu Motorola Xoom.

9. OS Android 4.0 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich

Android 4.0 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Setelah urutan Android versi Honeycomb rilis, tampaknya Google agak ketimpangan dengan terpisahnya versi Tablet dan smartphone. Oleh karena itu, Google mengupdate versi yang bisa digunakan pada keduanya, dan juga dapat dengan mudah dioptimalisasi oleh google.

Ice Cream Sandwich yang dirilis pada Oktober 2011 ini mempunyai fitur-fitur yang didalamnya menggabungkan fitur yang ada pada Gingerbread dan juga Honeycomb.Selain itu, peningkatan performa dan keamanan sistem menjadi fokus utama pada Jelly Bean seperti sudah tersedianya fitur keamanan face unlock.

Selain itu, pada versi ini mendukung fitur Android Beam, yaitu fitur yang membuat user bisa tukar data dengan NFC, swipe untuk menutup notifikasi dan tab browser, dan juga kemampuan untuk memantau penggunaan data melalui data seluler dan Wi-Fi.

Menurut laporan, pada 6 Juli, data pengguna versi ICS mencapai sekitar 0,7 persen dari semua versi Android.

10. OS Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean

Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Android Jelly Bean mulai dirilis pada 2012 dengan tiga versi, 4.1, 4.2, dan juga 4.3. Urutan Android ini mempunyai fitur yang inovatif serta peningkatan pada pengalaman penggunanya. Pada tahun ini sekitar 6,9 pengguna Android menggunakan Jelly Bean. Smartphone yang pertama menggunakan Jelly Bean adalah tablet Nexus 7.

Pada urutan Android Jelly Bean mempunyai fitur yang bisa kamu rasakan seperti Google Now, Google Assistant, Screenshot, pesan yang bisa dijawab pada notiifikasi, dan masih banyak lagi.

11. OS Android 4.4 KitKat

Android 4.4 KitKat | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Ada fakta menarik sebelum dirilisnya Android KitKat pada September 2013. KitKat bukanlah kode nama bagi versi 4.4 yang pertama direncanakan. Sebelumnya, nama “Key Lime Pie” merupakan nama awal bagi versi 4.4. Namun, salah satu petinggi Google, John Lagerling, merasa ragu menggunakan nama itu karena kurang familiar. Lalu, Lagerling menanyakan kepada Nestle, pencipta KitKat agar bisa menggunakan nama KitKat pada Android, Nestle pun menyetujuinya.

Tak banyak fitur baru yang ada pada KitKat. Akan tetapi, KitKat diharuskan setidaknya mempunyai RAM 512 MB pada perangkat supaya performanya lebih baik.

Google Nexus 5 merupakan smartphone pertama dengan versi KitKat. Uniknya lagi, walaupun sudah empat tahun lamanya dan sudah ada versi baru, pengguna KitKat untuk sekarang mencpai sekitar 15 persen.

12. OS Android 5.0 – 5.1.1 Lollipop

Android 5.0 – 5.1.1 Lollipop | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Pada urutan Android  selanjutnya, untuk versi 5.0 dan 5.1.1, Google menamainya dengan Lollipop. Versi ini diresmikan pada Juni 2014. Pada versi ini, Google merombak ulang user interface dengan Material Design, desain ini layaknya bernuansa seperti kertas. Tak hanya itu, Lollipop juga mengalami perubahan seperti perbaikan notifikasi yang bisa diakses pada lock screen atau layar kunci dan juga dalam aplikasi bisa muncul notifikasi dengan sebagai banner diatas. Google juga membuat perubahan sistem untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan dengan perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai.

Smartphone yang pertama menggunakan Lollipop adalah Google Nexus 6 dan tablet Nexus 9. Saat ini, sekitar 29 persen pengguna Android memakai Lollipop.

13. OS Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 Marshmallow | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Pada tahun berikutnya, Google kembali memperbaharui OS-nya dengan versi 6.0 Marshmallow. Pada versi ini, hadir fitur-fitur yang lebih inovatif, diantaranya adalah: dukungan sensor sidik jari sebagai fitur keamanan, Doze guna menghemat baterai, USB Type-C, dan juga fitur Multi Window yang memungkinkan user bisa menggunakan 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Perangkat pertama yang mendapatkan Marshmallow adalah Nexus 6P, Nexus 5X, dan juga tablet Pixel C. Menurut laporan, statistik pengguna Android Marsmallow menunjukan sekitar 32,2 persen.

14. OS Android 7.0 Nougat

Android 7.0 Nougat | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Sebagai suksesor dari Marshmallow, urutan Android yang dirilis pada 2016 ini hadir dengan fitur yang lebih baik. Pada versi Nougat terdapat penyempurnaan pada fitur Multi Window, yang sebelumnya masih percobaan. Pada veri Nougat ini bisa memungkinkan memakai 2 aplikasi seperti browsingan sembari membalas chat pada WhatsApp.

Smartphone pertama yang hadir dengan Nougat adalah Pixwl XL dan juga LG V20. Masih kalah dari pendahulunya, Lollipop hanya menunjukan 15,8 persen pengguna dari semua versi Android.

15. OS Android 8.0 – 8.1.1 Oreo

Android 8.0 – 8.1.1 Oreo | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Pada urutan Android versi 8.0 dan 8.1.1, Google menamainya dengan Oreo. Versi Android Oreo dirilis pada Maret 2017 dengan user interface yang dibuat lebih nyaman dan tampilan yang lebih baik.

Disisi lain, ada juga fitur baru seperti Picture in Picture, Notification Dots, emoji, dan masih banyak lagi. Selain itu, versi 8.0 Oreo memiliki fitur yang dapat mematikan aplikasi yang berjalan di backgorud, dengan matinya aplikasi yang berjaln di backgroud maka daya tahan smartphone yang menggunakan versi Oreo akan lebih tahan lama dibandingkan versi android sebelumnya.

Smartphone pertama yang kebagian versi Android Oreo adalah Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, Nexus 5P dan Nexus 6P.

16. OS Android 9.0 – Pie

Android 9.0 Pie | Urutan Versi Android Dari Masa ke Masa Beserta Fitur-Fiturnya

Urutan Android yang terakhir rils adalah Android 9.0 dengan nama kode Pie. 9.0 Pie merupakan versi android terbaru 2018 yang memiliki fitur yang lebih canggih serta lebih lengkap ketimbang para pendahulunya.

Android 9.0 Pie juga telah didukung teknologi masa kini, yaitu Artificial Intelgent (AI). Saat tulisan ini dibuat OS Android 9.0 Pie adalah versi android tertinggi sekarang ini dan bahkan banyak yang menyebutkan Android 9.0 adalah versi android terbaik karena kecanggihan dan adanya fitur terbaru yang belum ada pada versi sebelumnya.

Smartphone yang pertama kali bisa mencicipi Android Pie diantaranya ada Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2s, Nokia 7 Plus, Oppo R15, Vivo X21, OnePlus 6 dan Essential PH-1.


Itulah Urutan Android dari pertama kali rilis hingga sekarang ini saat tulisan ini dibuat. Versi 9.0 Pie bukanlah versi terakhir dari OS Android karena Google hingga saat ini masih terus mengembangkan OS-nya yang menjadi OS paling populer yang digunakan oleh Smartphone dan Tablet.

Maka dari itu, Jika ada versi android terbaru lainnya, artikel ini akan terus diupdate. So, tetap nantikan sambil baca-baca artikel lainnya yang ada di Teknoforia.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Komen dibawah bila ada yang menarik mengenai urutan versi os Android menurut kawan.

Tinggalkan Balasan

Loading…