Realme 3: Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Realme 3: Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Realme 3 dirilis pada Maret 2019 dan hingga kini masih banyak dicari oleh orang-orang. Hp Realme ini merupakan hp 1 jutaan dengan fitur segudang seperti performa yang mumpuni, kamera yang bisa mengambil gambar dimalam hari dengan baik dll. Gadgetplus akan mengupas harga, spesifikasi, dan tentunya kelebihan dan kekurangan Realme 3.

Realme 3

Harga Realme 3

Meski telah lama dirilis, Realme 3 masih tersedia dipasaran. Kamu bisa menemukannya di marketplace online mulai harga Rp 1.821.000 hingga Rp 2.350.00.

Spesifikasi Realme 3

Layar Ukuran 15.8cm (6.2 inci)
TipeIPS LCD capacitive touchscreen
ResolusiHD+ 1520×720
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
BodyDimensi156.1 x 75.6 x 8.3 mm
Berat175 g
Kamera
Belakang
Resolusi13MP+2MP
Fiturf/1.8, 1/3″, 1.12µm, 5P Lens, Nightscape, Hybrid HDR, Chroma Boost
Kamera
Depan
Resolusi13MP
Fiturf/2.0, 1/3″, 1.12µm, AI Beautification, AI Facial Unlock, HDR
VideoResolusi[email protected], [email protected]
FiturSlo-Mo (90fps / 720p)
HardwareChipsetMediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
CPUOcta-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
GPUARM Mali-G72
SoftwareOSAndroid 9, bisa ditingkatkan ke Android 10, Color OS 6,0
BateraiTipeLi-Po 4230 mAh
Charger5V 2A
Memori InternalRAM 3GB + 32GB / RAM 3GB + 64GB / RAM 4GB + 64GB
Eksternal microSD, hingga 256 GB (dedicated slot)
KonektivitasKartuTriple Slots / dual nano sim
WiFi802.11b/g/n, 2.4GHz
GPSGPS/A-GPS/Gnolass
BluetoothBluetooth 4.2
Audio Jack3.5mm
Tipe USBMicro-USB
JaringanDual VoLTE
RadioFM Radio
FiturSensorE-Compass, cahaya, proximity, gravitasi, sidik jari, accelerometer

Kelebihan Kekurangan Realme 3

1. Desain yang menarik

Realme 3: Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya
techradar.com

Realme 3 hadir dengan dua pilihan warna Dynamic Black dan Radiant Blue. Bagian belakang smartphone ini dibalut warna gradasi yang memukau.  Kedua warna tersebut sama-sama menarik ditambah body yang pas pada genggaman tangan.

2. Performa mulus

Realme 3: Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pada sektor dapur pacu, Realme 3 dilengkapi dengan chipset pesaing Qualcomm, Mediatek Helio P60 serta pilihan RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Situs Jagatreview melakukan pengujian performa hp ini dengan Antutu 7 berhasil mendapatkan skor 132320 dan sukses mengalahkan para pesaing dikelasnya seperti Asus Zenfone Max Pro M2 yang mendapatkan skor Antutu 130690.

Selain Antutu, pengujian dilakukan juga dengan 3DMark untuk menguji performa sistem dalam memproses grafis dan hasilnya mendapatkan skor 20093.

3. Layar enak dipandang

Realme 3: Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya
nasilemaktech.com

Kelebihan Realme 3 selanjutnya adalah layar yang enak dipandang dan nyaman digunakan.

Hal ini dibuktikan dengan ukuran layar yang besar 6.22 inci dan mengusung panel IPS LCD. Selain itu, hp dengan bezel less ini mengusung resolusi layar HD+ atau 1520 x 720 piksel yang membuat penggunaan baterai lebih awet.

Hp dengan rasio layar 19:9 ini juga telah dilengkapi Corning Gorilla Glass 3 guna melindungi layar handphone dari goresan dsb.

4. Baterai jumbo

Kelebihan lain hp ini adalah baterai yang besar dengan pemakaiannya yang tahan lama. Bagi kalian yang mencari hp baterai awet kalian bisa mempertimbangkan Realme 3 karena hp ini dilengkapi baterai 4230 mAh.

Menurut Jagatreview, mereka telah melakukan pengujian ketahanan daya dan Realme 3 mampu bertahan hingga 17 jam. Jika kalian sedang jarang menggunakan hp ini, Realme 3 mampu bertahan hingga keesokan harinya.

5. Kualitas kamera oke dengan beragam fitur menarik

Realme 3: Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya
noypigeeks.com

Realme 3 hadir dengan kamera belakang 13 MP dengan aperture F/1.8 dan dilengkapi kamera sekunder 2 MP . Sedangkan kamera depan dilengkapi sensor kamera tunggal 13 MP dengan aperture F/2.0.

Menurut Jagatreview, kamera belakang Realme 3 mampu mengambil gambar bagus dengan noise yang sedikit dan juga detail yang baik meski kondisi redup atau pun terang. Selain itu, Realme 3 dilengkapi dengan fitur yang berguna seperti Chroma Boost yang mampu mengidentifikasi objek gambar atau mode potrait yang dapat mengambil foto bokeh dengan fokus yang baik.

Ada juga fitur Nightscape yang menjadi fitur unggulan perangkat ini. Fitur Nightscape dapat mengambil gambar dalam kondisi gelap menjadi lebih baik seperti detail foto lebih jelas ketimbang tanpa fitur Nightscape.

Beralih ke kamera depan, Realme 3 menawarkan pengalaman berswafoto yang memuaskan karena selain kamera belakang yang bagus dan fitur yang menarik, kamera depannya juga tak dapat dipandang sebelah mata.

Kamera depan Realme 3 memberikan angle yang luas serta meski berselfie dalam keadaan backlight detail wajah masih jelas.

6. Sensor yang terbilang lengkap

Realme 3 hadir dengan sensor yang lengkap. Gyroscope, proximity, compass, acceleration, ambience light dihadirkan dalam perangkat ini. Tak ketinggalan sensor fingerprint dan AI Face Unlocked turut diadakan sebagai fitur keamanan.

7. TripleSlot

Bagi kalian yang berminat dengan Realme 3 kalian tidak perlu khawatir jika slot sim card harus dikorbankan untuk microSD. Smartphone ini memiliki slot khusus untuk microSD dengan maksimal penyimpanan 256 GB.

8. Audio Jack 3.5 mm

Kabar baik untuk kalian bahwa hp dibawah 2 juta ini masih mendukung Audio Jack 3.5 mm. Jadi, kalian tidak perlu ribet pasang konverter.

Kekurangan

1. Pengisian Baterai Lambat

Salah satu kekurangan Realme 3 adalah pengisian baterai lambat dan tidak mendukung fast charging. Smartphone ini hanya bisa melakukan pengisian daya dengan 10W(5V/2A). Menurut Jagatreview, perangkat ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam 51 menit dari 0 % hingga 100 %.

2. Tidak mendukung EIS

Ada hal yang sangat disayangkan pada Realme 3 karena perangkat ini tidak mendukung stabilisasi video atau EIS saat rekaman video.

3. Tidak menggunakan port usb type-c

Kekurangan lain dari Realme 3 adalah tidak menggunakan port usb type-c dikala pesaingnya sudah banyak menggunakan usb type-c.

Kesimpulan

Bagi kalian yang menginginkan perangkat hp 1 jutaan dengan kapasitas baterai yang besar Realme bisa menjadi pilihan, ditambah performa lancar untuk penggunaan sehari-hari. Meski memiliki beberapa kekurangan, hp Realme ini masih bisa dimaklumi dengan harga yang murah serta masih tertutupi dengan kelebihan yang beragam.