Xperia Z3 Tidak Mendapatkan Android Nougat? Ini Alasannya.

Xperia Z3 Tidak Mendapatkan Android Nougat? Ini Alasannya.

116
Xperia Z3 tampaknya tidak akan menikmati Android 7.0 Nougat. Walaupun Sony sempat menjanjikannya dengan memberikan developer preview, sistem operasi teranyar dari Google batal menghampiri. Padahal dengan berjalannya developer edition, hal tersebut membuktikan bahwa Z3 secara spesifikasi mampu menjalankan Android 7.0 Nougat. Lalu sebenarnya di mana letak permasalahannya? Apakah ini salah Sony seutuhnya? Atau ada alasan lain?

GadgetPlus.ID − Hal ini tidak bisa sepenuhnya disalahkan pada Sony. Proses distribusi sistem operasi Android pada dasarnya melalui tahap CTS atau Compatibility Test Suite oleh Google. Proses CTS ini ternyata baru saja diperketat oleh Google untuk jaminan performa dari sisi grafis. Kini tiap perangkat harus memiliki dukungan untuk Vulkan atau OpenGL ES 3.1. Dukungan tersebut tidak dimiliki oleh perangkat yang memiliki grafis GPU Adreno 3XX.

Dari sana, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Xperia Z3 tidak dapat mendapatkan Android 7.0. Mengapa? Sony Xperia Z3 sendiri menggunakan GPU Adreno 330 dan chipset Snapdragon 800 & 801. Snapdragon 800/801 sendiri hanya memiliki dukungan hingga OpenGL ES 3.0.

Kesimpulannya ialah bahwa Sony bukanlah pihak yang harus disalahkan. Anggap saja Sony ingin memberikan update demi memuaskan para konsumen. Langkah tersebut akan berhenti pada proses CTS oleh Google. Ola Olsson, pengembang Sony pun berujar demikian. Kami akan menyertakan beberapa kutipan terkait masalah ini.

“Even if we really wanted to give you N on the z3(c), we wouldn’t been able to do it. Not if we wanted to pass the Google CTS.” – Ola Olsson, Sony Developer
“The reasons are both technical and legal. If you followed the N Developer Preview program you know that we didn’t release the final DP5. That program ran into some unforeseen limitations that could not be resolved. This is the reason that both concept and official won’t be upgraded to Android N.” – Zingo Andersen – Sony Developer

Sumber: Xperia Blog

Baca Juga: 

Sony Xperia X Compact Hadir Di IFA 2016

Seri Xperia Apa Saja Yang Akan Merasakan Android 7.0 Nougat?




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.