XL Mudik

XL: Layanan Kami Siap Penuhi Kebutuhan Mudik Lebaran

67

Setiap tahun, tepatnya dimasa mudik lebaran, para penyedia layanan operator dapat dipastikan bekerja ekstra keras guna memastikan jaringan mereka mampu memenuhi konsumen. Walau masih berselang 1 bulan dari dimulainya Ramadhan, XL telah yakin bisa memberikan jaringan yang stabil kepada para pelanggannya selama masa mudik.

Untuk menunjukan kesiapannya tersebut kepada publik, XL menggelar uji coba jaringan, XL Network Rally 2016 di Yogyakarta, Rabu (11/5). Pihaknya meyakini, Kota Gudeg merupakan kota yang menjadi tujuan mudik tertinggi, sehingga membutuhkan cakupan jaringan yang lebih kuat.

XL Mudik

R. Sofia Purbayanti, Vice President Central XL tengah membuka press confrence.

“Jogja (Yogyakarta) adalah kota yang menjadi tujuan mudik tertinggi diantara wilayah Central XL lainnya,” tutur R. Sofia Purbayanti, Vice President Central XL. “Maka dari itu, kami telah melakukan beragam persiapan untuk menjaga kestabilan jaringan XL selama mudik lebaran nanti.”

Central XL sendiri merupakan area cakupan jaringan XL, yang terdiri dari total 21 kota di pulau Jawa. “Tidak hanya Yogyakarta, peningkatan jaringan juga kami lakukan di 20 kota lainnya yang berada di Central,” jelas Sofia.

Utnuk mewujudkan kestabilan jaringannya selama masa mudik, sebanyak 15.225 pemancar XL telah disebar di seluruh area tersebut. “Setidaknya, terdapat sekitar 15 ribu pemancar, yang terbagi menjadi 9804 pemancar 2G, 4.369 pemancar 3G (NodB), dan 1052 pemancar 4G (eNodB).”

Terkait pemancar 4G, jumlah tersebut diakui akan ditambah sebanyak 560 buah hingga akhir tahun ini. “Untuk meningkatkan penyebaran jaringan LTE XL di area central, hingga akhir tahun ini, akan kami tambah pemancar LTE hingga 560 buah,” kata I Gede Darmayusa selaku Vice Presiden Service Operation Managemen XL.

Adapun kota-kota yang akan mendapat penambahan pemancar LTE XL adalah Yogyakarta (saat ini telah aktif 200 pemancar dari total 214), Semarang (115 pemancar), Tegal (53 pemancar), dan Pekalongan Brebes (49 pemancar).

“Dengan meningkatnya jumlah pemancar yang kami miliki di area central, maka bisa dipastikan jika jaringan sinyal XL akan bisa mencakup para pengguna yang tengah bermudik lebaran nanti,” ucap I Gede.

XL sendiri melakukan tes coverage jaringan 4G LTE mereka, dengan memanfaatkan sebuah software bernama TEMS. Dan, hasil tes menunjukan jika Yogyakarta, Sleman, Mlati, Sewon, Kota Gede dan Gemplong telah di cover penuh oleh jaringan 4G LTE XL, dengan 90% kecepatan yang dicapai 30Mbps.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.