Windows 10 Memberi Peringatan Untuk Tidak Menginstal Chrome atau Firefox

1292

Microsoft Edge tidak diragukan lagi merupakan versi perbaikan dari Internet Explorer, tetapi sebagian besar pengguna Windows 10 lebih memilih mengunakan Chrome dan Firefox. Bahkan, hampir 60% dari pasar di seluruh dunia menggunakan Chrome (menurut StatCounter), ini menjadi alasan mengapa Microsoft meyakinkan pengguna Windows 10 untuk tetap dengan Edge daripada beralih ke browser lain, seperti Firefox atau Google Chrome.

Hanya dengan beberapa minggu sebelum Microsoft meluncurkan Windows 10 ter-update nya di bulan Oktober 2018, terlihat peringatan baru yang menyatakan: “Anda sudah memiliki Microsoft Edge – browser yang lebih aman dan lebih cepat untuk Windows 10. ”

Pengguna kemudian diberi hanya dua pilihan: “Buka Microsoft Edge” atau “Instal saja.” Windows 10 juga memberi pengguna pilihan untuk menonaktifkan prompt sama sekali, tetapi jika seorang buta teknologi disodorkan pop-up window yang memberitahukan mereka bahwa perangkat lunak yang akan mereka instal itu “tidak aman,” kemungkinan mereka akan mengiyakan peringatan itu.

Ini bukan pertama kalinya Microsoft berusaha mengalihkan pengguna ke browsernya. Sebelumnya, pengguna Windows 10 yang menggunakan Chrome telah menerima pemberitahuan desktop tentang Edge, dan untuk waktu yang singkat, Microsoft memaksa pengguna Windows 10 Mail supaya menggunakan Edge untuk tautan email.