Hard Disk

WD Perkenalkan Hard Disk 8TB Berkemampuan Ciamik

48

Western Digital atau yang dikenal sebagai WD, rupanya masih serius menggarap pasar Hard Disk Internal dimasa booming-nya sebuah Hard Disk Eksternal. Hal tersebut dibuktikan pihaknya dengan memperkenalkan rangkaian jenis HDD terbaru, yang memiliki ruang penyimpanan seluas 8TB (TeraByte).

Berlangsung di Menteng, Jakarta (10/5), satu dari tiga jenis HDD yang diperkenalkan WD dengan storage besar tersebut, merupakan jenis baru yang mengemban warna Gold. Ketiganya juga disebut-sebut sebagai HDD pertama mereka yang telah menggunakan teknologi HelioSeal di dalamnya.

“Kali ini, kami membawa 3 buah jenis HDD Internal terbaru, yang memiliki kapasitas sebesar 8 TB. Salah satunya juga merupakan jenis baru yang ditujukan kepada enterprise, yakni Gold series,” tutur Harianto Karim, Senior Sales WD Indonesia. “Dengan pengadopsian teknologi HelioSeal di dalamnya, maka ketiga jenis HDD ini memiliki kemampuan baca dan tulis yang jauh lebih cepat.”

HelioSeal sendiri merupakan chip yang diakui WD mampu meningkatkan beragam sisi HDD, seperti pengaturan kinerja yang baik, kapasitas ideal perkaki persegi, dan memiliki efisiensi serta konsumsi daya yang jauh lebih rendah.

“Dengan adanya HelioSeal, maka HDD berkapasitas 8TB ini memiliki banyak kemampuan yang jauh lebih baik, dengan konsumsi daya yang rendah,” jelas Harianto.

Untuk seri terbarunya, yakni Gold, Herianto menerangkan, seri tersebut berada pada strata teratas dari seluruh portfolio WD saat ini. “Gold merupakan seri baru yang posisi menggantikan serta diatas seri Re sebelumnya. Sebagai produk yang ditujukan kepada enterprise, Gold akan sangat cocok untuk dijadikan storage di sebuah data center.”

Gold dengan kapasitas 8TB sendiri mengemban cache sebesar 128MB, dengan kecepatan baca tulis hingga 214 Mbps. WD Gold juga disebutkan memiliki desain yang telah melalui proses manufaktur dan proses uji yang menduduki keunggulan, sehingga daya tahanya diklaim mencapai 2,5 juta MTBF (mean time before failure).

Untuk saat ini, WD mengaku masih menyelesaikan beberapa tahap dulu sebelum akhirnya Gold masuk secara resmi di pasar Indonesia. Nantinya, seri Gold bisa Anda temui di dua distributor resmi mereka, WPG dan Astrindo.

Terkait harga, untuk saat ini WD belum menemukan angka yang tepat. “Kami masih belum menemukan angka yang tepat, namun Gold berkemungkinan dijual dengan harga sekitar 700 USD,” jelas Veronica.

Sebagai informasi, WD memang sebagai vendor dari HDD internal, yang memanfaatkan warna guna membedakan manfaat dari masing-masinh produk. Warna Gold bertujuan untuk enterprise user, warna Black ditujukan bagi gamer, warna Red untuk NAS (Network Attached Storage), Purple untuk storage dari CCTV, dan Blue untuk penggunaan sehari-hari.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.