Volvo Memperkenalkan Vera, Truk Elektronik Dengan Teknologi Self-Driving

328

Volvo, pembuat truk terbesar kedua di dunia asal Swedia, memamerkan truk elektrik self-driving terbarunya pada hari Rabu, truk ini diharapkan akan membantu mengatasi ledakan dalam e-commerce serta mengatasi kurangnya jasa pengemudi angkutan (supir).

Volvo menyatakan bahwa truk yang tidak memiliki sopir taksi itu masih berada dalam tahap pengembangan. Pihak Volvo juga menolak mengatakan kapan truk ini akan dipasarkan secara komersial, terutama truk tersebut dirancang untuk ditempatkan di tempat-tempat seperti pelabuhan dan pusat logistik.

“Kami yakin akan ada pengemudi di belakang kemudi untuk masa mendatang, tetapi untuk waktu dekat ini, kendaraan komersial self-drive akan tersedia di area terbatas,” Lars Stenqvist, chief technology officer Volvo, mengatakan pada sebuah konferensi di Berlin.

Para ahli transportasi menganggap truk sebagai aplikasi alami untuk teknologi self-driving dan lebih cocok berada di jalan besar karena kemampuan prediksi jalan raya yang mumpuni dibandingkan saat berada di jalan-jalan kota yang sibuk.

Truk tanpa kabel – yang disebut Volvo sebagai Vera dapat menarik beban seberat 32 ton dan dapat dipasang pada setiap trailer dengan standar umum.

“Vera berarti ‘iman,’ dan kami memiliki keyakinan di masa depan,” kata Karlsson, menambahkan kendaraan memiliki kecepatan operasi yang lebih rendah daripada truk biasa karena alasan keamanan.

Sebanyak 1,4 juta anggota Persatuan International Brotherhood of Teamsters berkampanye menentang aturan baru AS untuk mempercepat pengerahan truk self-driving karena itu berarti ratusan ribu supir truk akan kehilangan pekerjaan, selain itu juga tidak menjamin keselamatan pengguna jalan yang lain karena kendaraan dijalankan oleh mesin.