Video: Tool Ini Bisa Bobol Kartu Kredit Hanya Dalam 6 Detik!

43

GadgetPlus.ID — Sebagai informasi, nomor kartu kredit sebenarnya berbasis pada persamaan matematika. Banyak situs web bisa memvalidasi nomor kartu kredit dengan menggunakan algoritme The Luhn atau mod 10.

Sekelompok peneliti hadir dengan sebuah program yang menggunakan formula ini untuk menghasilkan ratusan permutasi lengkap dengan detail lokasi bank, masa berakhir kartu, dan nomor CVV (Card Verification Value)—tiga atau empat digit angka yang biasanya tercantum di bagian belakang kartu. Nomor-nomor ini kemudian dimasukkan ke berbagai situs web e-commerce untuk memvalidasi keaslian nomor kartu.

Program ini kemudian bisa digunakan untuk menerka nomor CVV, masa berakhir kartu, kode pos, bahkan nama jalan, yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi ilegal.

Beruntung bagi pemegang Mastercard, metode kasar ini bisa tidak efektif karena kartu kredit akan langsung “terblokir” apabila ada percobaan yang tidak sukses lebih dari 100 kali. Namun tidak demikian dengan kartu VISA, sehingga risikonya pun lebih besar.

Permasalahan ini sepertinya tidak mudah diperbaiki. Oleh karena itu para peneliti menyarankan agar gateway pembayaran online dibuat standar dan terpusat untuk mengurangi risiko percobaan pembobolan kartu.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.