Vespa Elletrica Mulai Dipasarkan di Bulan Oktober

147

Skuter listrik keluaran merk motor vintage nomor satu, Vespa telah dijadwalkan untuk mulai dipasarkan di tahun ini. Produk Vespa Elettrica ini akan dimulai bulan depan, dan Vespa akan membuka penjualan online ke Eropa pada bulan Oktober, sedangkan untk wilayah di negara-negara AS dan Asia akan dipasarkan mulai awal 2019. Hinga kini, perusahaan induk Piaggio Group belum mengumumkan harga, tetapi menyatakan bahwa Elettrica akan sejalan dengan model high-end Vespa saat ini.

Elettrica memiliki jangkauan maksimum 100 km (62 mil) dengan kinerja yang lebih kuat daripada skuter 50cc standar. Diperlukan empat jam untuk mengisi daya baterai, yang akan bertahan hingga seribu siklus biaya (atau sekitar 10 tahun) sebelum kapasitas turun menjadi sekitar 80 persen. Belum ada kata pada kecepatan tertinggi, meskipun mode Eco driving membatasi kecepatan hingga 30 km / jam (19 mph) untuk menghemat baterai. Elettrica tidak mengeluarkan noise, dan memiliki beberapa fitur AI, termasuk pendeteksian pejalan kaki dan kendaraan di dekatnya, serta menyarankan rute alternatif ketika lalu lintas buruk.

Andre Sanyoto, selaku Direktur Pemasaran Piaggio Indonesia (PID) menyatakan kemungkinan hadirnya Vespa Elettrica di Indonesia meskipun terdapat banyak hal yang mesti dipertimbangkan sebelum mewujudkan hal itu. “Dari kami kalau mau meluncurkan sesuatu kami harus percaya diri. Jadi kami enggak mau sekadar luncurkan ikuti pasar. Secara infrastruktur harus sudah terpenuhi. Lihat dulu dari sisi stasiun pengisian listrik, kami belum lihat itu,” tuturnya.

Piaggio juga berencana untuk merilis Elettrica X hybrid, dengan jangkauan maksimum 200 km (124 mil). Vespa ini akan memiliki baterai yang lebih kecil daripada di Elettrica standar, dengan kisaran 50-km, dan generator bertenaga gas akan membuat perbedaan. Generator akan mengambil alih ketika muatan baterai turun di bawah tingkat tertentu, atau jika pengendara secara manual beralih, sehingga Elettrica X masih dapat digunakan sebagai kendaraan listrik untuk perjalanan yang lebih pendek.