Trusted Contacts, Aplikasi Dari Google Yang Bisa Hadirkan Rasa Aman

263

GadgetPlus.ID — Ketika berada dalam keadaan darurat, tidak mudah bagi Anda untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda aman. Google memahami hal tersebut, dan mereka membuat Trusted Contacts, sebuah aplikasi baru yang secara otomatis berbagi status serta lokasi Anda dengan teman, keluarga, atau orang-orang terdekat. Saat ini Trusted Contacts baru tersedia untuk platform Android, versi iOS-nya akan menyusul kemudian.

Konsepnya simpel: pilih orang-orang tertentu yang ada di daftar kontak sebagai “trusted contact” (bisa teman atau anggota keluarga yang Anda percaya). Ketika mereka membuka aplikasi, mereka akan bisa melihat apakah Anda sedang “aktif” (smartphone Anda terhubung ke Internet), aktif dalam satu jam terakhir, baterai perangkat mau habis, baterai benar-benar habis, atau tidak ada konektivitas Internet sama sekali.

Trusted Contacts juga bisa menanyakan lokasi Anda jika ia merasa Anda dalam bahaya. Aplikasi ini menyediakan jendela untuk Anda menyetujui atau menolak permintaan tersebut, namun jika tidak ada respons dalam jangka waktu lima menit, ia akan membagi posisi Anda untuk “memastikan orang-orang yang Anda percayai mengetahui bagaimana menemukan Anda apabila berada dalam kondisi darurat”.

Jika Anda kebetulan pulang larut malam dan akan merasa aman apabila ada seseorang yang mengetahui persis lokasi Anda, Trusted Contacts bisa dijadikan andalan. Alih-alih menunggu orang lain bertanya, Anda bisa secara proaktif berbagi lokasi dengan teman atau keluarga beserta status singkat yang menjelaskan apa yang sedang Anda lakukan. Setelah tiba di tujuan, tap banner yang ada di atas layar atau dari lockscreen, dan aplikasi pun purna tugas.

Google mengatakan meskipun Trusted Contacts tidak membutuhkan akun Google untuk melihat lokasi, namun Anda dan orang-orang yang dipilih harus mendaftar terlebih dahulu.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.