Tolak Ikuti Tren, Microsoft Tetap Pertahankan Headphone Jack

65

GadgetPlus.ID — Apple mengatakan butuh “keberanian” untuk menghilangkan soket headphone dari iPhone 7 dan menggantikannya dengan sistem audio nirkabel. Sementara Microsoft sepertinya belum memiliki nyali untuk melakukannya. Raksasa teknologi yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen tersebut memutuskan untuk tetap mempertahankan soket headphone sebagai persyaratan peranti keras minimum untuk produk-produk smartphone berplatform Windows 10 Mobile.

Untuk perangkat-perangkat Windows lainnya, mencakup laptop, desktop, tablet, atau alat-alat IoT (Internet of Things), soket headphone tidak termasuk ke dalam persyaratan minimum.

Apple sendiri beralasan bahwa soket headphone merupakan teknologi yang sudah usang, dan akan menghambat integrasi teknologi baru ke dalam iPhone 7. Sebelum Apple, pabrikan ponsel Android seperti LeEco dan Lenovo pun berketetapan hati untuk membuang soket headphone dari beberapa perangkat mobile-nya guna beralih ke teknologi yang lebih baru.

Para produsen ponsel Windows Mobile masih bisa menyertakan sistem audio nirkabel berbarengan dengan soket headphone. Namun mereka akan kehilangan kesempatan untuk membuat perangkatnya lebih tipis dan bereksperimen dengan teknologi baru guna menggantikan soket headset.

Masih berkaitan dengan sistem audio nirkabel, ada tekanan untuk menjadikan port USB-C sebagai pengganti soket headphone. Menyalurkan audio melalui port USB-C dan menghilangkan soket audio memungkinkan smartphone memiliki profil lebih tipis.

Beralih ke teknologi yang lebih baru adalah hal penting, namun keengganan Microsoft untuk menghilangkan persyaratan soket headphone memiliki keuntungan dari sisi teknis dan finansial, menurut Bob O’Donnell, analis dari Technalys Reserach.

Ketika Apple memutuskan untuk menghilangkan soket headphone dari iPhone 7, gelombang protes pun bermunculan dari para pengguna. Mereka marah karena “dipaksa” mengeluarkan uang tambahan untuk membeli headset nirkabel. Terlebih lagi, headset nirkabel harus dicas.

Kualitas audio nirkabel pun tidak sebagus soket headphone, ujar O’Donnell. Meskipun demikian, Apple telah mengembangkan chip audio nirkabel khusus untuk menghantarkan audio dari iPhone 7 ke AirPod dengan menggunakan tiga protokol komunikasi terpisah. Ini memastikan kualitas audio yang dihasilkan tetap bagus.

Hingga saat ini, Microsoft memang masih menjual ponsel berplatform Windows, namun sepertinya gamang dengan masa depan perangkat tersebut (pabrikan lainnya adalah HP, Acer, Alcatel, dan Lenovo). Smartphone Windows kalah bersaing dengan iOS dan Android. Total pengirimannya pada kuartal ketiga 2016 berjumlah 1,48 juta unit, turun dari 5,87 juga unit pada kuartal yang sama tahun lalu.

Pangsa pasar untuk Windows Mobile sendiri mencapai titik terrendah 0,4 persen selama kuartal kedua, turun dari 1,7 persen dari tahun lalu, seperti dikutip dari laporan yang dirilis oleh Gartner November lalu. Sebagai perbandingan, pangsa pasar Android adalah 87,8 persen, dan iOS 11,5 persen selama kuartal ketiga 2016.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.