Tips Menciptakan Area Kerja yang Nyaman ala Gadgeteer

339

Bekerja tidak selalu harus pergi ke kantor setiap pagi, terkurung dalam ruangan yang sempit dan sesak oleh tumpukan berkas-berkas, hingga jauh dari orang-orang yang Anda sayangi. Siapa bilang bekerja tidak bisa dilakukan di tempat yang paling Anda sukai alias rumah? Bekerja dari rumah merupakan impian setiap orang. Tidak perlu bangun sangat pagi hanya untuk berdesak-desakkan dalam kereta dan bis, tidak perlu lelah dan marah menghadapi kemacetan jalan raya dengan puluhan bahkan ratusan kendaraan tiap harinya, ataupun dipusingkan dengan berbagai jenis orang dalam satu ruangan. Intinya, bekerja dari rumah merupakan kemewahan yang luar biasa. Jika Anda sudah bisa menghasilkan uang hanya dengan membuka laptop dari sudut rumah, tentu ruang kerja haruslah dibuat senyaman mungkin. Bekerja dari rumah, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki area khusus di mana Anda bisa fokus penuh pada pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan guna menciptakan area kerja yang nyaman di rumah tercinta.

1. Pilih Ruangan yang Tepat
Memilih ruangan atau pojok yang tepat untuk dijadikan tempat kerja adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan karena ini nantinya akan mempengaruhi banyak hal. Pilih bagian rumah yang mempunyai area kosong cukup luas. Jika Anda mempunyai kamar atau sudut yang hanya digunakan untuk menumpuk kardus-kardus barang, maka gunakan tempat tersebut sebagai permulaan untuk mengatur ruang kerja. Namun, jika ada tempat berlebih di area ruang makan atau ruang keluarga, maka itu akan lebih baik, terutama bila Anda memilih full time home worker. Hal ini akan memudahkan Anda untuk beristirahat sejenak saat lelah dan tidak melulu berkutat pada pekerjaan. Sebelum memutuskan tempat mana yang akan digunakan sebagai area kerja, cobalah perhatikan kemudahan atau kesulitan di tempat tersebut, apakah terlalu sempit? Terasa panas dan pengap karena dekat dengan dapur? Atau terlalu bising karena dekat dengan ruang keluarga dan televisi? Lalu apakah jika Anda membuat tempat bekerja disana apa tidak mengganggu perabotan yang lain? Cobalah tempat-tempat tersebut selama satu bulan kalau bisa tanpa banyak memindahkan barang-barang. Jika sudah menemukan area yang cocok Anda bisa memulai untuk menatanya.

2. Manfaatkan Ruang yang Ada
Sudah mencari ruangan atau tempat yang tepat, tapi tidak menemukan yang cukup besar untuk menampung semua perlengkapan Anda? Kenapa tidak mengakalinya dengan menghemat tempat seperti membuat area kerja yang tidak memerlukan kursi, apalagi jika Anda tipe yang tidak betah duduk seharian. Dengan tidak adanya kursi,  pekerjaan Anda akan lebih dinamis. Cukup letakkan alat yang Anda butuhkan di atas meja, seperti printer, berkas, alat tulis, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan laptop atau alat kerja ringkas lain yang bisa dibawa untuk bekerja di manapun Anda suka.

3. Pilih Tempat yang Memiliki Sudut
Meja kerja biasanya berbentuk persegi panjang, Jika Anda menggunakan meja kerja yang konvensional, pilih meja kerja berbentuk L. Meja seperti ini memiliki dua area kerja sehingga Anda bisa mengatur di mana area untuk menulis dan mengetik dan bagian mana untuk menaruh alat-alat, seperti printer, telepon, faks, dan lain-lain. Selain itu, meja berbentuk L juga mudah diletakkan di pojok ruangan sehingga tidak menghabiskan tempat jika Anda memutuskan untuk bekerja di ruang bersama, seperti ruang keluarga atau ruang makan.

4. Gunakan Furnitur yang Nyaman
Duduk berlama-lama sambil menghadap komputer bisa membuat Anda sakit punggung. Meja yang tidak sesuai juga membuat tubuh Anda sulit menyesuaikan diri. Oleh karena itu, salah satu tips untuk membuat area kerja yang nyaman di rumah adalah dengan membeli furnitur yang mendukung kenyamanan Anda dalam bekerja. Belilah kursi yang memang diperuntukkan untuk bekerja. Biasanya, kursi ini empuk dan nyaman untuk diduduki berlama-lama. Sesuaikan dengan tinggi meja yang Anda gunakan. Lebih bagus lagi jika kursi ini memiliki pengaturan agar dapat disesuaikan dengan keperluan kita. Bila ingin agak berbeda, pilih kursi dengan model unik dan warna mencolok. Selain menjadi bagian dari area kerja, kursi ini pun juga bisa menjadi penghias ruangan yang cantik. Harganya tentu lebih mahal dari yang biasa, tapi tidak ada salahnya bila kita berinvestasi sedikit lebih banyak untuk mendukung kenyamanan kerja.

5. Buat Meja Kerja Selalu Rapi.
Memiliki meja kerja besar dan artistik akan percuma jika semua barang tergeletak tak beraturan di atasnya. Meja kerja yang berantakan akan menurunkan produktivitas kerja. Waktu Anda tidak akan terbuang percuma hanya ntuk mencari berkas yang akan dikerjakan bekerja jika semuanya tertata dengan baik. Kalau melihat meja kerja sudah terlalu penuh, segera rapikan dan singkirkan hal yang tidak perlu. Seandainya Anda membutuhkan barang-barang yang bertebaran, coba tambahkan rak-rak terbuka di sekitar meja kerja. Jika memungkinkan, tambahkan satu rak buku ukuran untuk meletakkan semua kertas, berkas, hingga buku referensi sehingga di atas meja hanya terdapat barang yang sering Anda gunakan saja. Lebih rapi artinya lebih mudah dibersihkan dan tempat yang bersih akan memberikan kenyamanan. Sesederhana itu.

6. Pencahayaan Harus Maksimal.
Maksimal di sini bukan berarti tempat kerja Anda dipenuhi lampu hingga terang-benderang seperti pasar malam. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Beli lampu kerja dengan model unik atau tidak biasa dan cocok diletakkan di area kerja. Cahaya yang bagus akan membuat mata Anda tidak cepat lelah. Model lampu yang artistik pun akan membuat tempat kerja jadi menarik, ditambah dengan furnitur yang nyaman, maka Anda akan betah untuk bekerja. Cahaya dan lampu yang menarik juga bisa membantu meningkatkan mood dalam menyelesaikan berkas-berkas atau artikel yang mendekati tenggat waktu. Bayangkan, di saat Anda sedang tidak bersemangat, melihat ruang kerja yang nyaman dengan desain lampu menarik tentunya bisa membuat semangat kerja kembali lagi.

7. Perhatikan Penggunaan Alat-alat Listrik.
Sekarang ini, gadget adalah hal yang mutlak menjadi kebutuhan hidup setiap orang. Jika dihitung berapa banyak gadget dan perangkat listrik lainnya yang kita gunakan setiap hari di rumah. Seorang pekerja saja setidaknya setidaknya memiliki dua handphone yang harus selalu dalan keadaan hidup. Untuk kenyamanan bekerja di rumah, batasi peralatan elektronik di atas meja kerja Anda. Selain akan merepotkan karena banyaknya kabel yang berseliweran, juga akan mengganggu aktivitas Anda nantinya. Taruhlah perangkat yang memang mendukung pekerjaan, seperti laptop atau PC, printer, dan satu kabel charger handphone. Namun, jika memang Anda memerlukan banyak barang elektronik, usahakan agar semuanya tertata rapi. Ikat beberapa kabel dengan tali dan letakkan di belakang meja. Gunakan beberapa stop kontak agar semua kabel tidak menumpuk di satu tempat dan berpotensi menjadi kusut.

8. Jangan Biarkan Dinding Kosong.
Dinding di depan meja kerja adalah ruang yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat meletakkan berbagai macam pengingat atau catatan yang diperlukan tanpa harus membuka-buka smartphone atau tablet. Dinding juga bisa menjadi tempat Anda melepas lelah dari seharian memelototi layar komputer. Pajang beberapa gambar menarik yang menggambarkan kepribadian Anda. Buat suasana dinding kerja sebagus mungkin sehingga tidak hanya berfungsi untuk mempermudah pekerjaan tapi juga mempercantik ruangan. Tidak perlu karya seni yang mahal. cukup beberapa hiasan dengan tema vintage, kata-kata motivasi yang di pigura, hingga kolase foto keluarga yang ditata secara tepat. Mini pinboard atau blackboard juga bisa. Tidak suka seni? Mungkin koleksi poster film dan beberapa action figure di atas rak mini sudah lebih dari cukup.

9. Go Green.
Ada penelitian yang membuktikan kalau meletakkan tanaman di ruang kerja  bisa mengurangi stres pekerjaan dan meningkatkan kreativitas serta produktivitas. Tidak ada salahnya Anda juga mengikuti penelitian tersebut. Menambahkan satu atau dua tanaman hias di rak meja kerja tidak akan menghabiskan banyak tempat, tapi tanaman akan memberikan kesan sejuk dan nyaman. Unsur hijau juga akan mengurangi kepenatan mata karena terlalu sering menatap layar komputer. Tidak perlu tanaman mahal. tanaman mini yang bisa hidup dalam pot pun sudah cukup. Mini bonsai adalah pilihan terbaik, tapi kaktus mini juga tidak ada salahnya. Banyak manfaat dari meletakkan tanaman di area kerja Anda, mulai dari bermanfaat bagi kesehatan hingga menambah estetika.

10. Tak Ada Kata Terlambat.
Jika Anda sudah mempunyai area kerja sendiri dan berpikir untuk melakukan perubahan setelah membaca artikel ini, maka lakukanlah. Tidak ada kata terlambat untuk perubahan. Sekaleng cat, kursi baru, sedikit perbaikan, tambahan aksesoris yang menarik, dan beberapa rak membuat Anda sudah bisa mendapatkan area kerja yang nyaman. Tidak perlu memulai semua dari awal jika Anda sudah memiliki area sebelumnya. Sedikit menguras keringat di akhir pekan dan area kerja baru yang Anda dambakan bisa terwujud. Bila area kerja lama Anda mungkin terasa membosankan, saatnya melakukan perubahan.

Courtesy photo by: www.furniturland.com




Leave a Reply

Your email address will not be published.