Smartphone Baterai Besar

The Best Big Battery Smartphones Out There

548

battery-phone-1

Di era transformasi digital seperti saat ini, di mana kebutuhan orang akan perangkat mobile yang canggih untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari kian meningkat, keberadaan smartphone menjadi kian mendesak. Akan tetapi, tidak semua smartphone hadir dengan spesifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh penggunanya. Tetapi ada satu kesamaan yang diperlukan oleh pengguna perangkat ini, ketahanan baterai yang baik yang mampu mencukupi kebutuhan mereka dalam menunjang aktivitasnya.

Oleh karena itu, vendor-vendor smartphone raksasa di dunia memberikan bermacam varian smartphone dengan daya tahan baterai yang mencapai ribuan mAh. Berbagai model dari berbagai merek hadir di pasaran dunia dan Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Lenovo Vibe P1 Turbo, Xiaomi Redmi Note 3, Coolpad Power, Infinix Note 2, OPPO R7 Plus, dan ASUS Zenfone Max. Pun begitu, baterai jumbo belum tentu memberikan kepuasan bagi penggunanya jika tidak didukung oleh keunggulan lain yang mumpuni.

Melalui The Best Big Battery Smartphone Out There ini, kami menguji enam smartphone melalui berbagai penilaian. Meskipun kemampuan daya tahan baterainya menjadi yang diunggulkan, kami pun melihat berbagai ketangguhan lain yang ikut menjadi pertimbangan.

Design & Display

Hal pertama yang akan diperhatikan oleh konsumen dari sebuah smartphone adalah desain luarnya. Faktor ini menajdi begitu penting karena dapat melahirkan kesan pertama yang membekas di benak calon pembeli. Baik Lenovo Vibe P1 Turbo, Xiaomi Redmi Note 3, Coolpad Power, Infinix Note 2, OPPO R7 Plus, atau ASUS Zenfone Max mengusung desain yang tidak begitu jauh berbeda. Pun demikian, manakah yang paling memberikan pilihan yang lebih baik?

Di samping desain yang menarik, kehadiran layar yang tajam dengan warna yang akurat pun bisa menjadi faktor paling menggoda. Pada sesi ini, kami menguji Lenovo Vibe P1 Turbo, Xiaomi Redmi Note 3, Coolpad Power, Infinix Note 2, OPPO R7 Plus, dan ASUS Zenfone Max melalui dua faktor pertama yang dapat menentukan kesan konsumen.

Design

Lenovo Vibe P1 Turbo hadir dengan desain yang sederhana tetapi atraktif dan tidak ketinggalan zaman. Penampilan fisik dan gaya Lenovo Vibe P1 Turbo ini memang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan seri Vibe yang lainnya. Keseluruhan bodi masih memiliki bentuk dan desain yang mengutamakan aspek elegan, kali ini bodi belakang memiliki desain yang lebih melengkung. Walau memiliki desain bodi belakang melengkung tidak menurunkan tingkat kenyamanan ketika digenggam tangan, terutama karena P1 Turbo ini memiliki bentuk yang ramping dan bobot yang tidak terlalu berat untuk dibawa.

Sementara Xiaomi Redmi Note 3 datang dengan hadir berbeda dengan pendahulunya, yaitu Xiaomi Redmi Note 2, jika pendahulunya menggunakan bahan plastik, kali ini Xiaomi Redmi Note 3 hadir menggunakan bahas dasar metal, sehingga kesan premium melekat erat ketika kita melihat untuk pertama kali smartphone ini.

Melaju pada Coolpad Power, perangkat ini menawarkan desain unibodi tanpa sambungan, mengurangi kemungkinan masuknya debu dan air dari setiap sisinya, selain itu body pun terlihat kokoh dan kuat serta menarik dengan warna Gold dan Dark Gray. Sedangkan Infinix Note 2 menyuguhkan desain dengan bagian belakang smartphone terbuat dari bahan plastik matte yang memiliki durabilitas cukup baik, dengan didesain sedemikian rupa dengan berteksturkan brush. Sehingga smartphone pun terlihat seperti menggunakan material yang mahal serta terlihat elegan dan stylish.

Beralih kepada OPPO R7 Plus, perangkat ini hadir dengan desain unibody dengan material metal. OPPO mengklaim bahwa 92,3 persen bahan metal menyelimuti tubuh dari produk tersebut. Apa yang menjadi pembeda di antara R7 dan R7 Plus? Dari segi desain, keduanya memang mirip. Akan tetapi, sesuai dengan namanya, R7 Plus, memiliki tubuh yang lebih bongsor ketimbang saudaranya.

Last but not least adalah ASUS Zenfone Max yang dikelilingi dengan bingkai berefek metal yang lembut saat disentuh, sehingga tetap menarik saat berada di genggaman atau saku Anda. Tidak hanya itu, dengan kesan material kulit, ZenFone Max terlihat lebih indah. Bukan cuma mewah, bagian ini juga membuat ZenFone lebih nyaman digenggam.

  • Lenovo Vibe P1 Turbo: 5
  • Xiaomi Redmi Note 3: 5
  • OPPO R7 Plus: 5
  • ASUS Zenfone Max: 5
  • Coolpad Power: 4
  • Infinix Note 2: 4
Display

Dari segi layar, ZenFone Max memiliki teknologi TruVivid untuk menyempurnakan kejernihan, kecerahan dan tingkat responsifitas pada layar. Ini adalah teknologi transformasi dari desain layar empat lapis konvensional – tersusun dari pelindung kaca, panel sentuh, celah udara dan modul LCD – ke dua lapisan dengan disain laminasi penuh yang menghilangkan celah udara dan menyatukan pelindung kaca dengan panel sentuh.

Hal ini menghasilkan transparansi optis yang lebih tinggi dibanding layar konvensional, untuk menghasilkan warna brilian yang jernih dan cerah. Layarnya ini juga dilindungi oleh Gorilla Glass 4 yang merupakan mahakarya terkini dari Corning. Layar ZenFone Max (ZC550KL) dengan Gorilla Glass 4 menawarkan dua kali lipat daya tahan kerusakan akibat jatuh dari pendahulunya, 2,5 kali peningkatan kekuatan dan 85% lebih tahan banting di penggunaan sehari-hari – membuatnya lebih aman dan kuat.

Sementara layar Infinix Note 2 berukuran 5.9 inch sehingga mungkin kurang cocok bagi mereka yang bertangan kecil atau lebih menyukai smartphone ukuran layar lebih kecil. Walau berlayar besar, smartphone ini memiliki ketebalan yang cukup tipis dan beratnya cukup ringan untuk dibawa. Pun layar dari Infinix Note 2 LTE beresolusi 1280 x 720 pixel HD IPS, serta telah dilapisi dengan Gorilla Glass.

Beralih ke Xiaomi Redmi Note 2 yang mengusung layar 5.5 inchi IPS LCD, yang mempunyai resolusi 1920 x 1080, dengan pixel 403 ppi. Secara keseluruhan layar Xiaomi Redmi Note 3 mempunyai kualitas yang baik, tetapi antara kontras dan resolusi terlihat sedikit kurang.

Coolpad Power menyematkan layar dengan luas 5.5 inchi yang telah menawarkan panel IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna yang memang menghasilkan layar cemerlang. Layar tersebut bahkan memiliki kualitas gambar seperti aslinya. Untuk resolusi layarnya, Coolpad Power sendiri mengusung resolusi HD 720 x 1280 pixels dengan membawa kepadatan layar hingga 297 ppi per inchinya sehingga menghasilkan layar yang memang jernih dan tajam. Permukaan layar Coolpad Power ini juga telah mendukung kemampuan multitouch responsif namun sayangnya tidak disebutkan adanya lapisan anti gores pada layarnya.

Di lain pihak, OPPO R7 Plus memiliki bentang layar begitu lapang seluas 6.0 inchi. Phablet OPPO R7 Plus telah dibekali layar berteknologi AMOLED capacitive touchscreen serta berkemampuan menciptakan 16 juta warna. Dukungan teknologi layar tersebut akan membuat tampilan layar OPPO R7 Plus semakin terlihat jelas serta detail. Kelebihan OPPO R7 Plus selanjutnya yaitu sudah dibekali layar bersifat multitouch serta dilengkapi pelindung layar Corning Gorilla Glass 3 dengan antarmuka Color OS 2.1.

Terakhir adalah Lenovo Vibe P1 Turbo yang mengusung layar berukuran 5,5 inchi dengan resolusi mencapai 1920×1080 piksel atau biasa disebut Full HD. Kerapatan layarnya juga sangat tinggi mencapai 401 ppi. Smartphone ini sudah dilapisi dengan pelindung anti gores Gorilla Glass 3. Layarnya sendiri memiliki screen-to-body ratio sekitar 72 persen, sehingga layar akan terlihat besar dengan bezel (bingkai) smartphone tidak tampak terlalu padat.

  • Lenovo Vibe P1 Turbo: 5
  • Xiaomi Redmi Note 3: 5
  • OPPO R7 Plus: 4,5
  • Coolpad Power: 4
  • Infinix Note 2: 4
  • ASUS Zenfone Max: 4



Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.