Surface Phone, Andromeda Dan Microsoft. Ponselnya Bakal Segera Hadir ?

1402

Sudah lama sejak Microsoft mengumumkan rencananya untuk membuat perangkat seluler yang lebih kecil dari laptop. Di Tahun 2016 pun kabar ini santer di berbagai media. Surface Phone, nama yang akan dipakai untuk perangkat tersebut. Hal tersebut tetap menjadi rumor selama bertahun-tahun, namun sepertinya itu bakal berubah.

Berita terbaru yang diansir dari Digital Trends, menunjukkan bahwa produk baru Microsoft ini adalah ponsel yang kurang lebih seperti PC portabel yang dapat dilipat yang disebut dengan “Andromeda.” Apapun namanya itu, baru sekedar info produk perangkat Microsoft berikutnya.

Dari sumber lainnya dikatakan bahwa Andromeda adalah sebuah prototipe, dan sumber ini juga menyatakan bahwa prototipe terbaru itu sebenarnya termasuk fitur telepon. Namun tidak berarti Andromeda hanya akan menjadi smartphone tetapi mengindikasikan bahwa perangkat tersebut bisa menjadi sejenis hybrid yang merevolusikan pasar ponsel seperti yang dilakukan Apple dengan iPhone asli.

Salah satu gambaran lain bentuk Surface Phone

Andromeda memang merupakan perangkat yang berfokus pada “pocket Device” yang bersifat serbaguna dan posisinya berada diantara telepon dan komputer. Selain itu, laporan mengatakan bahwa rencananya adalah untuk merilis Andromeda pada tahun 2018, mengkonfirmasi harapan yang telah ada sejak rumor Andromeda pertama kali dimulai.

Dari segi kompetitif ini dirasakan masuk akal. Prototipe dan juga berbagai laporan yang menunjukan banyaknya perusahaan komputasi yang menyiapkan perangkat clamshell mereka sendiri. Bila dicermati, perangkat Andromeda dapat di lihat dari Intel yang memamerkan perangkat layar ganda yang disebut Tiger Rapids.  Layar Ganda microsoft dengan Andromedanya bisa menjadi yang pertama jika dilaksanakan dan hadir dipasaran, jika tidak bakal ketinggalan.

Menurut sumber yang tidak disebutkan, Microsoft saat ini sedang melakukan tes terhadap chip Snapdragon 1000 yang tak pernah dumumkan dari Qualcomm yang berbasis ARM’s Cortex-A76 processor. Dilaporkan bahwa chip ini memiliki performa 35 persen lebih baik dan power 40 persen lebih efisien dari chip Snapdragaon 845.

Pertama kali Andromeda disebutkan dalam Windows Insider Windows 10 rilis build 17025. Seperti yang disebutkan oleh akun twitter Walking Cat @hoxod.

Ini berarti bahwa ada beberapa kode yang sangat menarik di bawah judul Andromeda, yang tampaknya dirancang khusus untuk platform seluler yang belum dirilis oleh Microsoft. Spekulasi pun semakin banyak dan tampak jelas bakal ada perangkat kecil Surface sedang progres.

Memang informasi ini tidak banyak dan sepertinya  tidak akan diumumkan dalam tahun 2018 ini. Ssetelah pengajuan hak paten untuk Andromeda dihentikan, sekarang kita tahu lebih banyak lagi. Lihat ilustrasi menarik di bawah ini, yang ditemukan dalam patennya.

Seperti yang bisa kita lihat, Andromeda terlihat seperti ponsel clamshell yang memiliki keyboard mini. perangkat yang bahkan lebih besar dari Galaxy Note, tetapi secara signifikan lebih kecil dari rata-rata tablet. Jadi mungkin tidak secara teknis menjadi ponsel sama sekali. Anda mungkin ingat era singkat smartphone dengan papan ketik seperti ini pada tahun 2000-an. Bahkan proyek Courier milik Microsoft (sejak ditinggalkan) sepertinya tertarik dengan ide ini.

Dari apa yang bisa kita lihat dari Andromeda, jika lipatan itu dibuka akan terbentang layar sentuh yang lebih besar daripada telepon masa lalu. Ia juga tidak memiliki tombol fisik, karena bagian keyboard ditandai “tampilan” dalam ilustrasi tersebut dan tampaknya digunakan sebagai keyboard lebih jauh ke bawah.

Hal lain yang menarik adalah ilustrasi penuh yang ditujukan untuk menunjukkan bagaimana Andromeda bisa dimiringkan untuk menunjukkan informasi waktu dan tanggal dasar. Ini sepertinya menunjukkan bahwa telepon juga dapat digunakan sebagai jam dan alarm yang bisa disimpan diatas meja.

Berita Andromeda juga mendiskreditkan desas-desus masa lalu, seperti yang dikatakan Surface Phone akan memiliki layar 5,5 inci, bila kita perhatikan layar Andromeda nampak jauh lebih besar.

Jika Anda mencari kapan Microsoft memperkenalkan nama Surface Phone, sepertinya hal tersebut sudah jauh disebutkan kira-kira akhir Januari 2016 dengan ditemukannya www.surfacephone.com yang dimiliki oleh Microsoft. Jika Anda masuk ke alamat web terserbut, nantinya akan dialihkan ke bagian produk Surface pada website utama microsoft.com. Seperti biasa, kepastian bentuk dan spesifikasi pastinya, tinggal menunggu pengumuman rilis dari Microsoft.