Stasiun Listrik Tenaga Surya Sebagai Alternatif Bensin

517

Dalam beberapa tahun terakhir, energi matahari telah menjadi metode yang sangat populer untuk menggerakkan kendaraan listrik. Teknologi baru ini telah memotivasi pengembangan tipologi arsitektur baru. Sebuah evolusi nyata dari pompa bensin tradisional, dapat diperkirakan bahwa stasiun pengisian tenaga surya akan mulai tumbuh secara signifikan di perkotaan baik di ruang publik maupun pribadi.

Sebagai tanggapan terhadap perkembangan ini, MDT-Tex – produsen struktur membran-tekstil – telah merancang ‘Solar Carport’ yang memanen energi Matahari untuk mengisi daya kendaraan listrik.

Struktur berbentuk kubah tulip memiliki tiang utama yang membentang seluas 5,3 x 5,3 meter, menyediakan tempat parkir terlindung untuk dua mobil. Setiap struktur dilengkapi dengan panel surya 15 poli-Si yang memiliki total daya fotovoltaik yang terpasang sekitar 4 kWp. Dengan pengisi daya cepat terintegrasi, carport surya dapat mengisi daya BMWi3 hingga 80% dalam waktu sekitar 3 jam.

Meskipun susunan horizontal panel surya sedikit mengurangi potensi pemanenan energi, desain carport yang minimalis menyembunyikan panel surya dari sisi visual, membuatnya menjadi struktur pemanen energi yang unik.

Hingga kini pengisian bahan bakar mobil dengan energi tata surya tersedia di sejumlah negara Eropa dan Singapura. Sedangkan di Indonesia sendiri, Pertamina masih mengembangkan pengisian tenaga listrik khusus untuk BMW dengan durasi 2 menit.

Namun baru-baru ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi inisiatif penyediaan Stasiun Pengisian Listrik Bertenaga Surya. Diketahui, bahwa sebanyak 32 unit solar stasiun telah terpasang dibeberapa lokasi di Jakarta, meskipun pengunaannya masih sebatas untuk charging ponsel. Lokasinya antara lain terdapat di Taman Marga Satwa Ragunan, Kawasan Monas, Komplek Dinas Jatibaru, Taman Ismail Marzuki, GOR Kec. Pulogadung, GOR Kec. Cepaka Putih, GOR Kec. Tj. Priok, PT OP Ragunan, GOR Kota Adm. Jakpus, GOR Kota Adm. Jakut, GOR Kota Adm. Jaktim, Lapangan Baseball Rawamangun, BMX Pulomas dan Jakarta International Velodrome.