Solusi Apple Untuk Selamatkan Data Dari SSD MacBook Pro 2016

35

GadgetPlus.ID — Ada kabar gembira untuk para pengguna MacBook Pro yang dilengkapi dengan sarana penyimpanan SSD (solid-state drive) permanen (tidak bisa dilepas dan tidak bisa di-upgrade). Menurut laporan dari 9to5Mac, Apple memiliki tool yang berfungsi untuk mengambil data dari drive jika mengalami kerusakan.

MacBook Pro keluaran 2016 lebih sulit diperbaiki dibandingkan generasi pendahulunya. iFixIt mengungkapkan bahwa SSD dipatri langsung ke board logic laptop, bersamaan dengan RAM dan CPU.

Jika SSD pada MacBook Pro 2016, atau laptopnya sendiri, mengalami masalah, tool yang dimiliki Apple tadi adalah solusinya. Berdasarkan gambar yang terlihat di 9to5Mac, pertama-tama logic board dilepas dari laptop. Kemudian ada port khusus pada logic board yang memungkinkan tool Apple untuk mentransfer data dari SSD ke drive MacBook Pro lain melalui salah satu port USB-C-nya.

Untuk saat ini, tool belum dijual secara bebas. 9to5Mac mengabarkan bahwa tool ini hanya akan digunakan oleh staf Apple untuk mencoba mentransfer data apabila laptop tidak bisa melakukan boot. Masih menurut 9to5Mac, layanan ini hanya bisa dimanfaatkan oleh para pengguna yang laptopnya masih dalam masa garansi atau memiliki paket AppleCare.

Kabar ini dianggap angin segar oleh para konsumen Apple, khususnya MacBook Pro keluaran 2016. Karena komponen-komponen inti laptop tertanam di logic board, maka jika salah satu mengalami kerusakan Anda harus mengganti semuanya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.