Smartphone Menurunkan Kualitas Sperma

Studi: Smartphone Menurunkan Kualitas Sperma Jika Disimpan di Saku Celana

106

Sudah waktunya para pria untuk tidak menyimpan smartphone di dalam saku celana terlalu lama. Studi yang digelar oleh Institut Teknologi Technion menunjukkan kalau smartphone menurunkan kualitas sperma ternyata benar adanya.

Para ilmuwan dari Technion mengungkapkan kualitas level sperma dari para pria yang menyimpan smartphone di saku celana selama seharian penuh akan terpengaruh sebesar 46 persen. Konsultan kesuburan dari St. George Hospital, Gedis Grudzinskas, menyatakan, “Para pria harus menghentikan kebiasaan mereka menyimpan ponsel di dalam saku celana. Mereka seharunya menyimpannya di saku kemeja daripada di dekat testis.” ujarnya seperti dilansir dari The Times.

Sejumlah 106 pria ambil bagian dala penelitian yang diterbitkan di jurnal Reproductive BioMedicine ini. Professor Martha Dirnfeld dari Institut Teknologi Technion di Haifa menyatakan kalau para ilmuwan menganalisa jumlah dan kualitas sperma yang aktif berenang. Analisa lebih lanjut menyimpulkan jumlah sperma aktif tersebut terus berkurang. Ia berpendapat hal ini disebabkan oleh radiasi panas dan aktivitas elektormagnetik dari ponsel.

Asif Muneer, konsultan Urologi dan ahli kesuburan pria di Harley Street Fertility menyatakan, “Ada bukti yang menunjukkan radiasi panas yang dihasilkan oleh laptop dan ponsel bisa membuat ekor sperma pria mengerucut dan melingkari tubuh utamanya sehingga mengurangi kemampuannya untuk berenang. Hal ini menjadi penyebab melambatnya gerakan sperma saat menuju indung telur di dalam vagina. Saat radiasi panas dijauhkan, kualitas sperma kembali membaik.” jelasnya seperti dikutip dari NetDoctor.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Bakteri Pemakan Plastik

Studi juga menemukan kalau radiasi Low-level Electromagnetic (EMR) yang dikuarkan oleh smartphone menurunkan kualitas sperma dari segi tingkat kesuburannya. Penelitian lain yang digelar oleh Dr Fiona Mathews dari Universitas Exeter, Inggris, menginvestigasi peran ponsel dalam hal ini.

Smartphone Menurunkan Kualitas Sperma

Melalui penelitian ini, mereka menganalisa 10 penelitian yang mana 7 penelitian yang memperlajari tentang kelangsungan hidup, konsentrasi, dan gerakan sperma. Sedangkan 3 penelitian lain mengikutsertakan pasien pria di klinik kesuburan.

Penelitian yang menggunakan 1492 sampel tersebut mengungkapkan, paparan EMR yang ditimbulkan oleh perangkat mobile bisa menurunkan gerakan sperma sebesar 8 persen, serta tingkat kelangsungan hidup sperma sebesar 9 persen. Sementara efek terhadap konsentrasi sperma masih belum bisa disimpulkan secara jelas.

“Mengingat begitu banyaknya pria pengguna ponsel di seluruh dunia, efek perangkat mobile harus diklarifikasi. Penelitian ini menunjukkan para pria membawa ponsel di saku celana akan memberikan efek negatif terhadap kualitas sperma. Sementara efek terhadap keseluruhan populasi memerlukan penelitian lanjutan.” kata Dr Mathews dalam jurnal Environment International.

Studi dari Institut Teknologi Technion juga menyebutkan tidak hanya smartphone menurunkan kualitas sperma saat disimpan di dalam saku celana. Sekitar 47,1 persen pria yang menyimpan atau menggunakan perangkat mobile sejauh 50 cm dari alat vital juga memiliki kualitas sperma yang menurun. Studi ini menjelaskan jarak jangkauan penggunaan ponsel dan kualitas sperma berdasarkan nilai ukur yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.