Smartphone Dan OS Ini Kelak Tidak Bisa Jalankan WhatsApp

213

GadgetPlus.ID — WhatsApp akan menarik dukungannya untuk produk smartphone yang menjalankan Android, iOS, dan Windows Phone versi lama. Meskipun demikian, tindakan ini sepertinya tidak akan berdampak pada banyak pengguna karena hanya diterapkan ke smartphone dengan sistem operasi Android 2.2 Froyo, iOS 6, dan Windows Phone 7 (serta versi sebelumnya). Jika saat ini Anda masih menggunakan perangkat dengan OS tersebut, mulai 2017 nanti, bersiaplah untuk kehilangan WhatsApp.

Kembali ke Februari 2016 lalu, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk sistem operasi smartphone versi lama untuk memastikan semua platform memiliki fitur yang sama. Dalam tulisan di blog-nya, WhatsApp mengatakan sistem operasi yang sudah usang “tidak memiliki kemampuan yang kami butuhkan untuk mengembangkan fitur-fitur aplikasi di masa depan.”

Kebijakan baru WhatsApp ini dinilai tidak akan menimbulkan efek negatif yang signifikan. Sebagai informasi, Android 2.3 Gingerbread dirilis pada Desember 2010. Jadi kecuali Anda memiliki smartphone Android yang diluncurkan lebih dari lima tahun lalu, Anda seharusnya aman. Sementara untuk pengguna iPhone, satu-satunya produk yang tidak bisa menjalankan iOS 7 adalah iPhone 3GS, yang dirilis pada 2009.

WhatsApp mengaku ini adalah keputusan yang sangat berat, karena secara tidak langsung mereka telah membatasi orang-orang untuk tetap bisa berkomunikasi dengan teman serta keluarga melalui aplikasinya. WhatsApp pun menyarankan pengguna untuk beralih ke smartphone Android, iOS, atau Windows Phone terbaru jika mereka ingin terus menggunakan layanan olah pesan ini pada 2017.

Terlepas dari hal tersebut, langkah yang diambil oleh WhatsApp ini bisa dimengerti. Seperti layanan olah pesan lain, WhatsApp adalah aplikasi lintas platform yang memungkinkan pengguna menjalankan sistem operasi berlainan untuk saling berkomunikasi. Fitur-fitur mutakhir, seperti panggilan video yang baru saja dirilis, kelak akan membebani kinerja perangkat dan sistem operasi versi lama.

Di sisi lain, ada kabar sedikit melegakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry OS, BlackBerry 10 OS, Nokia S40, dan Nokia Symbian S60. Pada November lalu WhatsApp mengatakan mereka akan melanjutkan dukungan untuk platform-platform tersebut hingga Juni 2017.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.