Singapore Fin Tech

Singapore FinTech Festival 2016, Ajang Kumpul Pelaku Industri Keuangan dan Teknologi

18

Singapore Fin Tech

Monetary Authority of Singapore (MAS)—badan pengawas keuangan Singapura—bekerja sama dengan Association of Banks in Singapore (ABS) akan menyelenggarakan Singapore FinTech Festival pada 14-18 November 2016 mendatang.

Festival teknologi finansial pertama di Asia tersebut bertujuan untuk mempertemukan para pelaku industri keuangan dan teknologi, termasuk para pebisnis start-up yang kini tengah marak. Ajang ini juga akan menyediakan platform bagi para peserta untuk saling berkolaborasi, terhubung, dan berkreasi di dalam ekosistem FinTech di Singapura.

Singapore FinTech Festival akan menggelar tiga acara utama, Global FinTech Hackcelerator, Conferences and Events, dan MAS FinTech Awards.

Global FinTech Hackcelerator akan memilih 20 tim dengan solusi untuk berbagai permasalahan yang muncul di industri jasa keuangan. Sebagai bentuk dukungan kepada setiap tim untuk mengembangkan solusinya, pihak penyelenggara akan menyediakan hadiah senilai 550.000 dolar Singapura, jaringan mentor dari MAS serta industri, dan infrastruktur peranti lunak guna mengembangkan solusi siap pasar untuk permasalahan industri yang akan didemonstrasikan pada saat festival berlangsung.

FinTech Conferences yang rencananya dilangsungkan selama dua hari akan mempertemukan ekosistem FinTech, membantu membangun relasi, berbagi pengetahuan serta pengalaman, dan menciptakan peluang-peluang bisnis. Di sini para peserta akan disuguhi diskusi panel, demonstrasi, dan ekshibisi. Topiknya pun beragam, mulai dari acara FinTech itu sendiri, sistem pembayaran, pemberian pinjaman, regulasi, hingga mata uang digital.

MAS FinTech Awards merupakan bentuk penghargaan dan pengakuan dari MAS untuk solusi-solusi FinTech inovatif yang telah diimplementasikan, baik oleh pebisnis start-up, institusi keuangan, maupun perusahaan teknologi. MAS akan menyediakan hadiah senilai 1,15 juta dolar Singapura melalui skema Financial Sector Technology and Innovation untuk 10 pemenang.

Selain tiga acara besar di atas, ada beberapa lagi yang sayang untuk dilewatkan, di antaranya ABS-MAS Tech Risk Conference, ABS-MAS RegTech Forum, dan Innovation Lab Crawl.

Singapore FinTech Festival merupakan ajang yang tepat bagi para pelaku start-up, investor, institusi keuangan, dan penggila teknologi finansial untuk saling bertemu dan berbagi pengalaman. Dengan cakupan acara yang beragam, tidak menutup kemungkinkan ada peluang-peluang bisnis yang tentunya akan berujung pada semakin lebarnya sayap usaha, tidak hanya untuk kawasan Asia, tapi bahkan ke seluruh dunia. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi situs web Singapore FinTech Festival di www.fintechfestival.sg.




Leave a Reply

Your email address will not be published.