Sejumlah Smarthphone lipat kemungkinan akan menggunakan panel display buatan LG

1071

Smartphone lipat merupakan satu hal yang perlu diberi perhatian di masa depan. Kini Samsung tengah mengembangkannya, Huawei ingin menjadi yang terdepan, Xiaomi dan OPPO juga akan bergabung mengembangkannya. Hal itu tak pelak menimbulkan pertanyaan, siapa kelak yang akan mensuplai display panel yang bisa dilipat?. Wajar saja berasumsi bahwa Samsung akan menggunakan panel buatannya, sedangkan Huawei disinalir akan menggunakan screen merk BOE buatan China, namun Xiaomi dan OPPO masih menentukan apakah mereka akan menggunakan BOE, Visionox, atau LG Display.

Reportase terbaru dari Korea seakan memberikan titik terang terhadap permasalahan yang ada. LG Display sudah pernah diperbincangkan di reportase sebelumnya, namun berdasarkan reportase terbaru ini, Korea tengah dalam proses mengembangkan alat penyedia kebutuhan pabrik teknologi terutama berfokus kepada foldable OLED panel. LG dan Huawei sendiri dikenal bukanlah kolaborator asing untuk itu. Panel dalam Mate RS adalah flexible OLED buatan LG, jadi jalan menuju kolaborasi di masa depan sudah mulai teraba.

Terdapat dua kesimpulan yang bisa kita perkirakan dari informasi ini:

  1. Smarthphone lipat akan mulai merajai pasaran di tahun depan lewat beberapa merk yang diharapkan memberikan revolusi dalam faktor bentuk.
  2. Samsung, LG Display, BOE, dan Visionox merupakan beberapa produsen yang saat ini memungkinkan menjadi supplier bagi foldable panels.