Fitur Waterproof Samsung Galaxy S7

Seberapa Hebatkah Fitur Waterproof Samsung Galaxy S7?

204

Fitur waterproof Samsung Galaxy S7 menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pecinta produk asal K-Pop ini. Pertanyaannya sekarang, seberapa hebatkan fitur ini untuk diandalkan?

Fitur waterproof Samsung Galaxy S7 menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pecinta produk asal K-Pop ini. Di jajaran ponsel pintar, fitur ini digaungkan oleh Sony ketika melahirkan Xperia Z. Tetapi perangkat pertama yang menggunakan fitur ini adalah Casio Canu 502S yang dirilis pada 2005 lalu.

Satu dekade lebih ponsel tahan air telah berevolusi. Kini, giliran Samsung yang mengandalkan fitur ini melalui Galaxy S7 dan S7 Edge yang baru saja diumumkan di gelaran Mobile World Congress 2016.

Fitur Waterproof Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 menggunakan sertifikasi IP68 untuk fitur tahan air mereka. Apa itu sertifikasi IP68? Ketika kita membaca spesifikasi ponsel pintar yang tahan air, sertifikasi IP akan kerap kita temukan. Ip adalah kependekan dari ‘Ingress Protection’ dan angka yang mengikuti di belakangnya mengungkapkan seberaopa baik sertifikasi waterproof yang dimilikinya.

Sementara angka ‘6’ pada IP68 menjelaskan seberapa baik tingkat perlindungan terhadap debu. Dengan artian, baik Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge harus benar-benar “tertutup rapat” agar tidak ada satu butiran debu pun yang masuk ke dalam bagian perangkat. Tentu saja hal ini sangat melegakan.

Apakah Anda mengingat masa-masa kelam di mana sebutir debu masuk ke belakang layar ponsel Nokia? Anda tidak akan mendapatkan pengalaman yang sama dengan Samsung Galaxy S7 (dan S7 Edge).

Fitur Waterproof Samsung Galaxy S7

Angka ‘8’ mengindikasikan sertifikasi perlindungan terhadap air. Sekali lagi, ini adalah angka yang baik. Angka 8 berarti bagian dalam perangkat akan tetap kering di dalam air di kedalaman 1 meter untuk jangka waktu tertentu. Durasinya akan berbeda tergantung produk dan pabrikannya.

Samsung Gear S2 juga bersertifikasi IP68 sama halnya dengan Galaxy S6 Active. Keduanya mampu bertahan selama 30 menit. Kita simpulkan fitur waterproof Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge bisa tetap kering selama setengah jam.

For your information, IP rating adalah standar internasional yang telah melewati berbagai tahap uji yang layak. Salah satu organisasi/perusahaan yang mengeluarkan sertifikasi ini adalah DSM&T yang didirikan sejak 30 tahun lalu di Lynwood, California, Amerika Serikat.

 
Pun demikian, Samsung Galaxy S7 tetap kami anjurkan agar tidak dibawa berenang. Siapa yang ingin berenang dengan ponsel mereka? Mungkin sebagian dari Anda yang hendak berfoto selfie di bawah air. Tetapi sebaiknya Anda tidak membawa Samsung Galaxy S7 berenang. Fitur waterproof yang dimilikinya mencegah kejadian yang tidak diinginkan ketika perangkat ini terjatuh ke dalam kolam atau toilet secara tidak sengaja. Terlebih lagi jika Anda membawanya berenang selama berjam-jam.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.