Sama-Sama Generasi Pertama: iPhone vs. Smartphone Android (Video)

10

GadgetPlus.ID — Meskipun Google sudah mulai menyiapkan inkarnasi Android sejak 2005, namun mereka dipaksa untuk melupakan semua yang telah dilakukan dan memulainya kembali dari awal setelah Steve Jobs memperkenalkan iPhone pada Januari 2007.

Ada anekdot populer yang dilontarkan oleh Fred Vogelstein (penulis Dogfight, buku tentang rivalitas Apple dan Google): kemunculan iPhone merupakan momen titik balik untuk para insinyur Google karena mereka menyadari bahwa versi Android yang telah mereka siapkan selama bertahun-tahun baru saja ditumbangkan oleh Apple hanya dengan sekali tebas.

Google awalnya berniat merilis ponsel Android pertamanya pada akhir 2007, namun salah seorang insinyur Google, Chris DeSalvo, mengatakan bahwa kehadiran iPhone membuat rencana tersebut berantakan.

Awal 2007, para insinyur Google kembali sibuk di meja kerjanya masing-masing. Kira-kira 18 bulan kemudian, ponsel Android komersial pertama—HTC Dream, dikenal juga dengan sebutan G1—dirilis untuk publik.

HTC Dream memang berbeda dari iPhone (ia dilengkapi keyboard fisik sistem geser), namun ponsel Android tersebut mengusung beberapa unsur desain yang dipopulerkan pertama kali oleh iPhone. Terlepas dari itu, HTC Dream merupakan pembuka jalan bagi terciptanya pasar Android yang begitu meriah di kemudian hari.

Sebuah kanal YouTube bernama EverythingApplePro memutuskan untuk menelusuri kembali kenangan dan membandingkan iPhone generasi pertama dan smartphone Android produksi awal yang masing-masing menjalankan iOS 1.0 dan Android 1.0.

Dari video sulit dipungkiri bahwa betapa hebatnya iPhone kala itu. Tidak hanya memiliki profil yang jauh lebih tipis, tapi juga mampu mengalahkan kinerja G1 meskipun hanya dibekali spesifikasi peranti keras relatif standar. Meskipun demikian, ada beberapa fitur pada G1 yang tidak dimiliki oleh iPhone, salah satu contohnya adalah dukungan multitasking. Selain itu, kamera milik G1 memiliki kemampuan lebih baik daripada kamera yang tersemat pada iPhone 1.




Leave a Reply

Your email address will not be published.