Referensi Custom Launcher Untuk Android Anda

79

GadgetPlus.ID — Android disukai oleh banyak orang terutama karena fitur ubah suainya (customization). Sistem operasi mobile berlogo robot hijau ini memungkinkan Anda untuk mengubah skema desain bawaan perangkat—dalam hal ini smartphone—sesuai dengan keinginan.

Pada dasarnya, Android sudah dilengkapi dengan fitur ubah suai bawaan, namun kemampuannya masih belum bisa memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna. Atas dasar itulah sejumlah developer membuat custom launcher yang memungkinkan Anda untuk mengatur hampir semua aspek tampilan dan performa smartphone sesuai kehendak.

Di Play Store sendiri ada banyak custom launcher. Untuk memudahkan Anda, berikut ada beberapa pilihan referensi yang bisa Anda manfaatkan guna memodifikasi tampilan smartphone agar tampak berbeda dari yang lain.

Action Launcher 3

Inilah custom launcher terbaik yang ada di Play Store. Action Launcher 3 dibekali dengan pilihan ubah suai yang berlimpah dan fitur-fitur bergaya Nougat serta Pixel yang bisa diterapkan pada smartphone Anda.

01

Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk membuat gesture untuk tindakan tertentu. Swipe ke atas dengan satu jari untuk masuk ke Settings, atau swipe ke bawah di mana saja pada layar untuk memunculkan notifikasi. Pinch ke dalam untuk membuka multitasking atau melihat tampilan homescreen Anda.

02

Kelebihan lain Action Launcher 3 adalah bisa menghadirkan pengalaman Pixel pada smartphone Anda. Chris Lacy selaku pihak developer telah mengimplementasikan banyak aspek Android 7.1 Nougat, seperti jalan pintas (shortcut) aplikasi, dukungan untuk ikon berbentuk bulat, dan desain folder yang sama seperti milik Pixel Launcher.

Perlu diingat bahwa meskipun Action Launcher 3 bisa diunduh secara gratis, namun untuk mendapatkan semua fitur secara lengkap Anda harus membelinya dari dalam aplikasi.

Nova Launcher

Kemudian ada Nova Launcher yang hampir mirip dengan Action Launcher. Fitur-fitur terbaiknya tersedia di versi Prime yang dibanderol dengan harga Rp 65.000.

03

Sama seperti Action Launcher, Nova Launcher juga memungkinkan Anda untuk membuat gesture sendiri, seperti swipe ke atas untuk membuka aplikasi atau mengaktifkan jalan pintas tertentu.

Jika Anda ingin bernostalgia dengan Android versi Lollipop atau yang lebih lama lagi, terdapat opsi skema desain yang bisa Anda pilih untuk animasi aplikasi. Aspek-aspek lain yang bisa Anda modifikasi dengan Nova Launcher di antaranya latar belakang, tata letak ikon, dan drawer aplikasi.

Arrow Launcher

Tim Microsoft Garage memiliki custom launcher untuk Android dalam bentuk Arrow Launcher.

04

Metode yang diterapkan oleh aplikasi ini berbeda dari Action Launcher dan Nova Launcher. Alih-alih menyediakan opsi ubah suai berlimpah, Arrow Launcher mencoba mengantisipasi kebutuhan Anda dan menawarkan beberapa solusi cerdas berdasarkan preferensi Anda.

Misalnya, Arrow Launcher membagi homescreen menjadi empat area yang berbeda: recent, apps, people, dan documents.

Meskipun Anda bisa mengubah konten masing-masing layar atau menggabungkan beberapa di antaranya, konsep utama di balik Arrow Launcher adalah mempelajari apa yang harus ditampilkan berdasarkan pola penggunaan smartphone Anda. Karena ini adalah produk Microsoft, maka layar documents akan menampilkan file-file yang terakhir Anda akses melalui OneDrive.

Opsi lain

Play Store masih menyediakan opsi lainnya. Dua di antaranya yang layak Anda gunakan adalah Evie Launcher dan Hexy Launcher.




Leave a Reply

Your email address will not be published.