‘Ransel’ Ini Bisa Mainkan Game VR Di Mana Saja

143

GadgetPlus.ID — Pada awal 2016 sedikitnya tiga produsen PC mengungkapkan rencana mereka untuk merilis gaming PC berbentuk ransel (PC ransel) yang ditenagai oleh baterai. Mengapa? Virtual reality (VR), jawabannya. Alih-alih ditambatkan pada desktop yang diletakkan di atas meja atau lantai, konsepnya adalah pengguna bisa menghubungkannya ke PC ransel dan pergi ke mana saja. Tentu saja, instalasinya masih menyertakan kabel, namun itu tidak membatasi pergerakan Anda.

01

Kini rencana tersebut perlahan-lahan mulai direalisasikan menjadi perangkat. Beberapa waktu lalu, Zotac secara resmi mengumumkan spesifikasi final untuk VR Go Backpack PC, yang menampakkan diri pertama kali pada ajang COMPUTEX, 31 Mei – 4 Juni 2016 lalu di Taipei.

Zotac VR Go Backpack mengusung spesifikasi yang cukup mumpuni. Otak perangkat ini adalah prosesor quad-core Intel Core i7-6700T 2,8 GHz yang didukung oleh RAM DDR4 berkapasitas 16 GB dan GeForce GTX 1070 dengan memori GDDR5 8 GB.

02

Anda akan mendapati tiga port HDMI 2.0 dan dua DisplayPort 1.3 onboard. PC ransel ini bisa terhubung ke empat perangkat VR. Tidak hanya itu, VR Go Backpack bisa berfungsi juga sebagai PC mini yang dapat digunakan untuk bermain game biasa atau mengerjakan spreadsheet Excel, misalnya. Untuk dimensi, PC ransel ini berukuran 16 x 10,63 x 3 inci.

Sebagai saranan penyimpanan media, tersedia bay 2,5 inci untuk HDD atau SSD. VR Go Backpack sendiri sudah dilengkapi dengan SSD SATA m.2 berkapasitas 240 GB. Fitur konektivitasnya terdiri dari card reader untuk tiga jenis kartu memori, ethernet, Wi-Fi 802.11ac/b/g/n, dan Bluetooth 4.2.

03

Zotac membekali PC ransel ini dengan dua baterai 6.600 mAh—satu untuk cadangan—yang memiliki daya tahan hingga dua jam gameplay. Untuk melepas panas, Zotac menggunakan saluran pembuangan khusus sehingga hawanya tidak mengganggu orang yang sedang menggendong ransel PC ini.

Anehnya, Zotac tidak mengungkapkan bobot perangkat ini. Mereka hanya mengatakan pendistribusian bobot diatur sedemikian rupa guna mendukung kenyamanan. Meskipun demikian, bobot merupakan salah satu spesifikasi kunci yang akan menjadi bahan pertimbangan konsumen ketika akan membeli PC ransel ini.

Ke depannya, Zotac VR Go Backpak tidak akan melenggang sendiri di pasar. Pada September lalu MSI mengatakan bahwa PC ransel mereka akan dikapalkan sebelum akhir tahun, dan HP kabarnya tengah mengambil aplikasi dari developer dan mitra usaha untuk menguji coba OMEN X VR PC Pack-nya. VR Go Backpack sudah tersedia di Amazon seharga US$ 2.000.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.