Huawei Indonesia

Perkuat Komitmen Bisnis di Indonesia, Huawei Produksi Perangkat 4G LTE di Sidoarjo

164

Pabrik 4G Huawei di Indonesia

[Ki-Ka] Peter Tong, President of Huawei Consumer BG South Pacific Region; Tommi Laine Ylijoki, President of Integrated Delivery Management at Huawei Consumer Business Group; Ali Soebroto Oetaryo, Presiden Direktur PT Panggung Electric Citrabuana; Johnson Ma, Consumer Bussiness Group Director Huawei Indonesia.

GadgetPlus.ID, Surabaya – Hari ini, Rabu (3/5/2016), menjadi hari penting bagi Huawei Device Indonesia. Produsen ponsel pintar terbesar ketiga secara global hari ini mengumumkan bahwa mereka telah memproduksi perangkat 4G LTE sebanyak 1 juta unit di Indonesia. Perangkat yang menjadi produk kesatu juta tersebut tidak lain adalah Huawei Y6 4G yang baru saja diumumkan dipasarkan di Indonesia beberapa hari yang lalu.

Dalam menjalankan produksinya di Indonesia, tepatnya di Sidoarjo, Jawa Timur, perusahaan yang baru saja menjalin kerjasama dengan Leica ini menggandeng PT Panggung Electric Citrabuana sebagai pabrik 4G Huawei . Kerjasama ini sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak 2013, dimana PT Panggung merakit berbagai perangkat 4G LTE milik Huawei, khususnya modem, mifi, hingga ponsel.

Capaian 1 juta perangkat 4G LTE yang diproduksi lokal ini disebut Huawei hanya merupakan awal dari komitmen jangka panjang untuk produksi lokal. Ke depannya, Huawei bersama PT Panggung Electric Citrabuana akan mencoba meningkatkan jumlah produksi perangkat.

“Huawei Device Indonesia saat ini adalah klien terbesar kami. Kapasitas produksi peranti Huawei di PT Panggung mencapai 2,88 juta unit per tahun. Dalam waktu dekat kapasitas itu akan ditingkatkan hingga dua kali lipatnya,” ujar Ali Soebroto Oentaryo, Presiden Direktur PT Panggung Electric Citrabuana.

Kolaborasi antara Huawei dan PT Panggung tentu saja tidak terlepas dari regulasi terkait kandungan lokal yang dikeluarkan pemerintah. Namun, Huawei menegaskan kerja saa ini memiliki nilai lebih. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa Huawei melihat pasar Indonesia sebagai bagian yang penting dari perjalanan mereka. Huawei ingin kerja sama ini membawa keuntungan tersendiri bagi dunia industri di Indonesia, terutama dengan terbukanya lapangan yang memajukan generasi muda di Indonesia terkait lapangan kerja di bidang ini.

Dihadapan awak media yang menghadiri momen penting tersebut, termasuk GadgetPlus.ID, Johnson Ma, Country Director of Huawei Device Indonesia, mengungkapkan, “Kerja sama dengan PT Panggung menjadi langkah awal dari rencana strategis Huawei di Indonesia. Kami menargetkan dalam dua tahun mendatang penguasaan pasar (market share) ponsel pintar Huawei di Indonesia menembus sepuluh persen.”

Disaat yang bersamaan, Indrasari Wisnu Wardhana, selaku Direktur Impor kementrian Perdagangan Republik Indonesia, yang juga turut hadir menyaksikan momen bersejarah tersebut menyatakan bahwa ia menyambut positif inisiatif Huawei untuk berinvestasi di Indonesia melalui kerjasama dengan pemain lokal, dalam hal ini PT Panggung. Kerjasama ini menjadi kesempatan baik untuk menciptakan berbagai peluang bisnis dan akan memajukan perekonimian lokal dan teknologi informasi, khususnya 4G dalam beberapa tahun kedepan.

Suasana perakitan perangkat Huawei di PT Panggung:




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.