Pemasok Layar iPhone Akan Akuisisi Perusahaan OLED Ternama

34

GadgetPlus.ID — Salah satu pemasok layar iPhone dikabarkan tengah bersiap untuk melakukan investasi besar-besaran di ranah layar OLED. Japan Display berencana mengakuisisi Joled, produsen layar OLED yang dimiliki oleh Sony dan Panasonic, seperti dikutip dari surat kabar Nikkei Jepang.

Proses transaksi akan diselesaikan tahun ini dan meliputi juga investasi tambahan senilai 75 miliar yen (Rp 8,5 triliun) dari Innovation Network Corp. Of Japan yang didukung oleh pemerintah Jepang.

Japan Display sendiri terbentuk dari operasi manufaktur LCD Sony, Toshiba, serta Hitachi, dan akuisisi ini akan menempatkan sebagian besar pabrikan layar panel datar asal Jepang di bawah satu perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan bisa bersaing dengan rival-rival agresif asal Korea Selatan, Taiwan, dan China, tulis Nikkei.

Kabar akuisisi muncul seiring pemberitaan yang mengatakan bahwa Apple sedang bersiap-siap untuk melakukan perubahan besar-besaran pada iPhone generasi mendatang: peralihan dari LCD (liquid crystal display) ke OLED (organic light emitting diode).

Layar OLED bekerja dengan cara menstimulasi material organik di setiap piksel yang membuatnya memancarkan cahaya. Dibandingkan dengan LCD, layar OLED mampu menampilkan warna-warna yang lebih dalam serta lebih hidup, lebih terang, lebih tipis, dan konsumsi dayanya lebih sedikit—atribut sempurna untuk layar smartphone.

Namun OLED terbukti lebih sulit diproduksi, terutama dalam jumlah banyak yang dibutuhkan oleh Apple. Mereka pernah berniat untuk memperkenalkan layar OLED pada iPhone 7, namun kabarnya ditunda hingga 2018 karena permasalahan produksi.




Leave a Reply

Your email address will not be published.