MS-DOS, Program Legendaris Ini Akan Dilestarikan Microsoft

10

GadgetPlus.ID — Sebelumnya, MS-DOS dikabarkan akan segera diistirahatkan oleh Microsoft. Namun kini mereka mengatakan bahwa command prompt cmd MS-DOS akan dibiarkan tetap hidup.

Menurut juru bicara Microsoft, “Microsoft tidak menghilangkan Cmd dari Windows, namun mengubah default shell-nya, diluncurkan melalui File Explorer dan menu power-user [Win] + [X], dari Cmd ke PowerShell. Pengguna bisa memilih untuk mengubah default shell kembali ke Cmd melalui Settings dan bisa terus menjalankan shell mana pun yang mereka pilih, apakah itu Cmd, PowerShell, atau Bash (jika diaktifkan) melalui menu Start. Shell Cmd Windows memiliki sejarah panjang dan merupakan sebuah tool penting yang digunakan oleh jutaan pebisnis, pengguna, dan developer setiap hari. Ia tetap menjadi bagian integral dari Windows.”

Sebagian besar dari kita mungkin menganggap tersembunyinya MS-DOS pada Windows 10 merupakan suatu keganjilan, sementara yang lain masih menggunakannya. Orang-orang ini tidak suka cmd digantikan oleh PowerShell. Mungkin inilah salah satu alasan Microsoft melakukan langkah tersebut.

Seorang pembaca Computerworld menjelaskan, “Saya menggunakan command prompt hampir setiap hari untuk pekerjaan-pekerjaan kecil. PowerShell memang bisa berbuat banyak hal namun untuk beberapa alasan setiap kali saya melakukan pekerjaan mudah dengan perintah-perintah lama saya tahu itu tidak selalu berhasil dan akhirnya saya melakukan pencarian di Internet untuk mencari solusinya.”

Beberapa administrator sistem pun masih menyukainya. Seseorang menulis, “Saya selalu membiarkan 5+ jendela CMD terbuka sepanjang waktu. Saya mengontrol sistem jarak jauh di beberapa negara dengan mudah. Tidak perlu mempelajari PowerShell jika saya sudah memiliki semua tool yang dibutuhkan di ujung jari.”

Jika Anda benar-benar menyukai MS-DOS dan masih ingin menjalankan WordStar, tool pengola kata PC pertama, atau memainkan Doom, game FPS pertama, Anda bisa menggunakan FreeDOS. Ini adalah versi open-source dari DOS. Ia kompatibel dengan sebagian besar program-program MS-DOS.

Jadi, sementara Microsoft tetap mempertahankan keberadaan cmd, meskipun ada kesan dinomorduakan, jika Anda masih harus mengandalkan MS-DOS untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, FreeDOS memungkinkan Anda untuk tetap bisa menjalankan program-program DOS. Namun jika Anda ingin mengelola sistem Windows modern, kini waktunya untuk memilih PowerShell. Cepat atau lambat, cmd.exe akan segera dipensiunkan oleh si empunya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.