Mobile Marketing Association Forum

Mobile Marketing Association Forum: Mobile Is Everything

66

Mobile Marketing Association Forum merupakan sebuah ajang berdiskusi antar para pelaku bisnis mengenai pemasaran pada perangkat mobile. Di Indonesia, perangkat teknologi seperti smartphone dan tablet, mulai menjadi pilihan utama untuk melakukan berbagai macam aktifitas. Mulai dari bermain games, menonton film, hingga menyelesaikan pekerjaan kantor. Namun, saat ini banyak brand yang belum memberanikan diri untuk memasarkan produk atau layanannya pada media mobile dan cenderung lebih memilih media konvensional seperti televisi, media cetak dan radio.

Acara Mobile Marketing Association Forum yang terselenggara di Hotel Ritz Charlton, Mega Kuningan ini memiliki sesi diskusi yang melibatkan beberapa aktor bisnis dari berbagai perusahaan besar seperti Samsung, Indosat dan Tokopedia. Dari diskusi tersebut, kami dapat menarik kesimpulan bahwa mobile marketing sudah menjadi perhatian mereka. Salah satu pernyataan menarik dari Elvira Jakub, Head of Media & Digital Samsung Electronics Indonesia, yaitu 8% dari budget mereka dihabiskan untuk mobile marketing.

Mobile is everything. Perusahaan butuh strategi marketing dan strategi itu adalah mobile. Sebab mobile bisa terintegrasi dengan berbagai hal, seperti media sosial, eCommerce, dan lain-lain,” – Rohit Dadwal, Managing Director Association (MMA) Asia Pasific

Tak hanya membicarakan teknis dari mobile marketing itu sendiri, Mobile Marketing Association Forum juga menjelaskan potensi luar biasa dari sektor gaming. Seperti yang kita semua tahu, saat ini banyak aplikasi permainan yang menyuguhkan model bisnis freemium. Model bisnis tersebut ialah di mana pemilik smartphone dapat mengunduh permainan namun harus melakukan pembayaran untuk mendapatkan item ekstra dan memiliki keunggulan dari pemain lain. Jika tidak ingin membayar, pemain dapat menonton sebuah video iklan untuk mendapatkan hadiah. Strategi tersebut ternyata membuahkan hasil yang menakjubkan.

Potensi mobile marketing memang besar, namun Rohit Dadwal pun berujar bahwa iklan konvensional tidak akan tergantikan untuk beberapa waktu ke depan. Ketika usai menjadi pembicara pada Mobile Marketing Association Forum, ia berharap bahwa akan semakin banyak perusahaan yang menyadari besarnya peluang dari mobile marketing.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.