MiTV 2, selain HP Xiaomi punya produk SmartTV canggih

241

Televisi pintar Xiaomi ini cukup mengejutkan para calon konsumen karena memberikan 4K dengan harga miring.

Bila dulu televisi hanya dapat digunakan untuk menyaksikan film, konser musik, hingga pertandingan olahraga, baik itu yang disiarkan secara langsung maupun yang disiarkan secara tunda, kini kegunaan kotak serbaguna ini tidak terbatas hanya pada fungsi itu saja. Siapa yang mengira bahwa kita dapat browsing internet ataupun mengontrol pengaturan hingga channel hanya dengan lambaian tangan saja? Tidak hanya itu, tidak pernah ada yang menduga bahwa televisi dari masa ke masa akan semakin tipis dan tidak menyita tempat. Ukurannya pun mulai dari yang kecil hingga besar pun tersedia dengan teknologi yang semakin membuat para pemiliknya merasa bahwa mereka tidak hanya sekadar menyaksikan sebuah acara dari kotak kaca, tetapi juga ikut terlibat di dalamnya.

Berbagai merek sekarang ini rupanya melihat itu sebagai sebuah peluang. Oleh karena itu, lumrah bila sebuah merek yang dikenal sebagai merek smartphone ikut ambil bagian dalam ranah televisi pintar. Inilah yang dilakukan salah satu brand smartphone keluaran Cina, Xiaomi.

Setelah merilis TV pintar pertamanya pada medio September kemarin, Xiaomi kembali mengumumkan model terbaru dengan perubahan yang cukup mengejutkan, yaitu resolusi 4K (Full HD Display 3840 x 2160 resolution) dengan harga hanya $640 atau sekitar Rp8.000.000. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk resolusi yang ditawarkan bukan? MiTV 2 sendiri memiliki dua pilihan layar, yaitu 40, 49, dan 55 inci dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh.

Diklaim sebagai TV berlayar tertipis di dunia, MiTV 2 memiliki berat 12,9 kilogram dan disertai built-in Android (menggunakan MIUI TV skin)yang bisa Anda tambahkan dengan aplikasi televisi lain. Di bagian perangkat keras, Anda akan menemukan panel 3D 4K yang dibuat oleh LG atau CSOT dengan kerangka aluminium bezel 6,2 milimeter. Di dalam kerangka ini, terdapat MediaTek MStar 6A918 chip (1.45GHz quad-core CPU, Mali-450 MP4 GPU) plus 2GB RAM. Untuk media penyimpanan, Xiaomi memberikan 8GB ruang yang bisa ditingkatkan menjadi 64GB melalui microSD.

Salah satu keunggulan MiTV 2 adalah Bluetooth LE remote alih-alih infrared. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia untuk ukuran 40 dan 55 inci. Dan, untuk Anda yang sering kehilangan remote, entah terselip di sofa atau lupa lokasi terakhir menaruh, cukup mengetuk bagian bawah TV untuk membuat remote berbunyi sehingga Anda akan tahu di mana remote berada. Xiaomi juga memberikan pilihan berupa aplikasi remote yang bisa dipasang di smartphone untuk mengontrol televisi menggunakan gestur dan suara.

Bagian audio juga disebut sebagai fitur unggulan MiTV 2. Dikarenakan ingin mempertahankan ketipisan 15,5 milimeter, tim Xiaomi memutuskan untuk memisahkan speaker dari televisi. Audio bar ini hadir dengan mid-range dan treble drivers serta Bluetooth subwoofer dengan driver 8 inci. Anda juga dapat menghubungkan perangkat mobile melalui Bluetooth.

SPECIFICATIONS

Display: 49″ Ultra HD 4K (3840×2160) panel, 15.5mm ultra-thin frame / 6.2mm bezel | Processor: MStar quad-core 1.45GHz processor | RAM: 2GB DDR3 RAM / 8GB eMMC flash | Feature: 802.11ac 2×2 Wi-FI support 2.4GHz/5GHz dual frequency (802.11a/b/g/n), MIMO support 300Mbps | Speaker: 8-speaker soundbar + 120W subwoofer | OS: MIUI TV Android-based OS | Audio: CodecSupport Dolby Digital Plus, DTS | Connectivity: Bluetooth4.0, 3 ports HDMI, 2 ports USB (1 x USB 2.0, 1 x USB 3.0), 1 Micro SD, 1 VGA port 1 AV port, 1 analog TV anthena, 1 SPDIF audio, 1 Ethernet port




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.