Microsoft Hentikan Produksi Xbox 360

132

Produk di dunia teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, termasuk konsol game. Salah satunya adalah Xbox 360. Telah dikembangkan sejak lama oleh Microsoft hingga menempatkan perusahaan ini sebagai salah satu yang terdepan dalam dunia konsol game, kini “kebersamaan” tersebut mendekati akhir.

Dalam sebuah postingan blog, Kepala Bagian Xbox Microsoft, Phil Spencer, mengumumkan bahwa mereka berencana mengakhiri produksi konsol ini setelah lebih dari satu dekade sejak peluncurannya. “Xbox 360 memiliki arti yang sangat besar bagi semua orang yang bekerja di Microsoft. Meskipun prosesnya berjalan lancar, namun kenyataan bahwa mengembangkan dan membuat produk yang berusia lebih dari satu dekade mulai membuat kami khawatir. Untuk itu, kami sampai pada keputusan untuk berhenti membuat konsol Xbox 360 terbaru.”

Di masa yang akan datang, Microsoft berencana menjual inventori dari konso Xbox 360 yang mereka miliki dengan ketersediaan yang berbeda di tiap negara. Microsoft juga berjanji akan tetap memastikan layanan Xbox Live berjalan di konsol yang telah beredar di pasaran. Memungkinkan para pengguna untuk memainkan game dalam format multiplayer, termasuk Xbox Live store special melalui Games with Gold dan Deals with Gold.

Dirilis pertama kali pada November 2005, Xbox 360 telah terjual lebih dari 80 juta unit. Hal ini langsung menempatkan Microsoft sebagai salah satu perusahaan terdepan dalam memproduksi konsol dan penghasil waralaba game, seperti Gears of War dan Forza. Sayangnya, kelebihan ini tidak lantas membuat Xbox 360 luput dari kekurangan. Revisi perangkat kerasnya lebih banyak daripada platform konsol sejenis dan bermasalah dengan panas yang berlebih bila dimainkan terlalu lama.

Keputusan Microsoft ini memang tidak dapat dihindari seiring dengan semakin bergesernya fokus mereka dari Xbox 360 ke Xbox One. Meskipun lebih dari satu dekade dan perkembangan terbaru, nuansa Xbox 360 masih akan tetap terasa melalui sistem yang ada pada Microsoft saat ini dan juga game yang tersedia di Windows 10.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.