Microsoft Ciptakan Alat Komunikasi ala Star Wars

7

Jika Anda penggemar Star Wars, Anda pasti masih ingat bagaimana karakter-karakter di dunia rekaan George Lucas ini berkomunikasi. Di film ini tersebut pembicaraan dua arah terjadi melalui hologram yang dipancarkan di depan komunikator. Apa jadinya kalau Microsoft juga berencana untuk membawa alat komunikasi ala Star Wars ini ke dunia nyata?

Alat Komunikasi

Alat komunikasi yang kerap kita saksikan di film Star Wars, serta sejumlah film fiksi ilmiah lain tengah diadaptasi oleh Microsoft diberi nama Holoportation. Teknologi baru yang dikembangkan oleh Microsoft Research ini akan menangkap gerakan 3D komunikator dan alat Virtual Reality (VR) milik Microsoft, HoloLens akan menggabungkannya dengan dunia nyata.

Dengan kata lain, Holoportation akan “mentransportasikan” orang dari satu tempat ke tempat lain. Ketika muncul di tempat tujuannya, sosok orang tersebut akan berbentuk hologram. Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi secara langsung.Tetapi Anda juga bisa merekam dunia 3D yang ditangkap oleh Holoportation dan memutarnya ulang di waktu yang lain. Seperti apa cara kerja alat komunikasi ini?

Baca Juga: Dibanderol Rp 40 Juta, Microsoft HoloLens Hadir Dengan Game Hologram

Kamera akan ditempatkan mengelilingi subjek guna menangkap gerakan mereka dari berbagai sudut. Setelah gerakan dari berbagai arah tersebut tertangkap, sistem Holoportation akan menciptakan model subjek bersangkutan. Pada awalnya model tersebut akan terlihat memiliki kulit abu-abu yang tampak seperti karakter dari film ReBoot. Lambat laun model 3D dari subjek bersangkutan akan mendapatkan tekstur yang lebih mirip seperti manusia. Kemudian data dari model akan diproyeksikan ke tempat lain di mana pengguna Microsoft HoloLens bisa berinteraksi dengan mereka.

Seperti yang bisa Anda lihat dari video preview Holoportation di bawah, prosesnya sangat rumit dan membutuhkan banyak peralatan canggih. Setelah semuanya terpasang, penggunanya tidak hanya bisa berkomunikasi dengan model hologram, tetapi juga bisa merekam interaksi yang terjadi. Bahkan bisa menyusutkan hologram ke ukuran yang sangat kecil.

Microsoft HoloLens memang menjadi salah satu bentuk alat komunikasi yang dibanggakan oleh perusahaan asuhan Bill Gates tersebut. Saat ini HoloLens sudah dirilis untuk pengembang dengan harga yang cukup fantastis. Meskipun belum ada keterangan resmi kapan alat ini akan dirilis untuk konsumen luas, interaksi antara manusia dengan hologram bisa menjadi cara efektif untuk berkomunikasi di masa depan.




Leave a Reply

Your email address will not be published.