Menjalang Rilis, Berbagai Rumor Seputar Tampilan Samsung Galaxy Note 9

312

Dari sekian banyak rumor yang beredar terutama sepuatar spesifikasi, akhirnya Samsung mengumumkan bahwa tanggal 9 Agustus 2018 diadakan acara peluncuran atau Unpacked Samsung Galaxy Note 9, smartphone Android yang berukuran besar. Peluncuran akan dilaksanakan di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Ini berarti phablet Galaxy Note yang baru diharapkan akan tiba lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. (Baca juga : Akhirnya, Samsung Galaxy Note 9 Akan Dirilis 9 Agustus Tahun Ini).

Rumor tentang produk ini sepertinya tidak berhenti. Menurut The Investor, dari info yang beredar sebelumnya bahwa Samsung Galaxy Note 9 diberi nama sandi “Crown” yang memiliki prototipe pada awal kuartal pertama 2018.

Meski berukuran besar, Samsung Galaxy Note 9 seharusnya mendapatkan beberapa pembaruan daripada Galaxy Note 8, tetapi menurut kabar sejauh ini tidak banyak perubahan besar.

Hal tersebut didukung oleh bocoran sebelumnya yaitu khususnya beberapa renders desain komputer CAD pabrik, yang dapat Anda lihat di bawah, dan yang berasal dari sumber yang cukup tepercaya, yaitu @OnLeaks (yang membagikannya atas nama 91mobiles).

Dilansir dari Tech Radar, Kemungkinan rencana sebelumnya Samsung tidak akan merilis pada bulan Agustus, namun ternyata pihak Apple akan merilis  IPhone X2 dan IPhone 9 di awal September dan pasti mendahuluinya. Dengan alasan untuk menarik banyak perhatian ditetapkanlah awal bulan Agustus. Samsung biasanya selalu merilis lebih dahulu dari pada Apple, namun ketika dipasaran produk IPhone lebih meraih konseumen. Mungkin itu yang menjadi penyebabnya penentuan waktu rilis hingga diharapkan bulan September Note 9 sudah berada ditangan konsumen.

Gambar-gambar dalam video di atas menunjukkan desain yang terlihat sangat mirip dengan Samsung Galaxy Note 8, lengkap dengan bentuk persegi panjang, bingkai logam dan kaca belakang. Anda juga dapat melihat bahwa ada kamera lensa ganda dan pemindai sidik jari di bagian belakang. Terlihat tidak ada yang berbeda dengan Note 8.

Namun, pemindai telah dipindahkan di bawah lensa kamera, agak mirip dengan posisinya di Samsung Galaxy S9 Plus di mana ponsel itu memiliki kamera yang ditumpuk secara vertikal, sedangakan Note 9 dua kameranya diletakan berdampingan.

Detail lainnya termasuk port headphone 3,5mm, port USB-C, grill speaker, S Pen silo dan mikrofon di tepi bawah, bezel tipis (tetapi tidak ada kedudukan) di depan, tombol daya dan volume di tepi kiri dan tombol Bixby di kanan.

Dalam video yang dilansir dari akun youtube DBS DESIGNING, tampilan ini terlihat elegan.

Beberapa bocoran lainnya yaitu mengenai dimensi dari Galaxy Note 9 yaitu berukuran 161,9 x 76,3 x 8,8 mm, membuatnya sedikit lebih pendek tetapi sedikit lebih lebar dan lebih tebal dari 162,5 x 74,8 x 8,6 mm milik Galaxy Note 8. Jadi ukurannya hampir sama, tidak mengherankan, karena layarnya juga akan tetap sekitar 6,3 inci. Ada juga yang menyatakan 6,4 inci.

Di sisi lain, paten Samsung menunjukkan desain ponsel dengan layar yang melengkung di tepi kanan, tetapi anehnya tidak di kiri. Senadainya itu benar, desain itu mirip dengan Galaxy Note Edge yang di rilis tahun 2014. Tentunya ini tampilan yang tidak biasa dan berbeda dengan Note 8. Agak ragu jika desain itu yang nantinya dimiliki Note 9, namun siapa tahu juga seandainya memang benar itu desainnya.

Apakah ini tampilan awal dari desain Samsung Galaxy Note 9 ?

Rumor terbesar Samsung Galaxy Note 9 yaitu tentang pemindai sidik jari, dengan beberapa kebocoran menunjukkan bahwa scanner tersebut dapat dibangun langsung ke layar ponsel. Samsung disebutkan menguji beberapa hal untuk mendaapatkan solusi agar scanner bisa terpsang di layar. Sebuah langkah yang dapat memungkinkan ruang untuk baterai yang lebih besar di Catatan 9.

Baik Samsung dan Apple telah dikabarkan terus mencoba mengerjakan yang satu ini akan tetapi gagal untuk mencapainya pada waktunya untuk handset terbaru mereka. Samsung memindahkan pemindai ke posisi sub-optimal di belakang Samsung Galaxy S8 dan Note 8, sementara Apple membuangnya sama sekali dari iPhone X.

Ada kabar yang sedikit memebrikan harapan mengenai bentuk paten Samsung. Dala desainnya, menunjukkan handset dengan scanner yang terpasang di layar. Huawei dan Vivo telah menunjukkan teknologi ini di ponsel mereka tahun ini, tetapi Samsung dikatakan menggunakan sensor sidik jari di layar yang berbasis ultrasonik untuk Note 9, sedangkan Huawei dan Vivo menggunakan sensor sidik jari di bawah kaca yang berbasis cahaya.

Ini mungkin bentuk tampilan yang dimiliki Samsung Galaxy Note 9. Credit: WIPO

Mengenai kapasitas baterai, ada yang emgnatakan Note 9 mengguankan baterai dengan 3850 mAh. Sementara Note 8 memakai 3300 mAh sedangkan Galaxy S9 Plus 3500 mAh. Yang terkahir disebut-sebut Note 9 Memiliki 4000 mAh, berarti ini menjadi produk Samsung dengan kapasitas baterai terbesar. Sama seperti layar yang awalnya 6,3 inci menajdi 6,4 inci. Apakah ini hanya sebauh angka-angka yang besar saja atau benar demikian?

Masih penasaran? bagaimana harganya? Tampakanya kita harus menunggu apa saja spesifikasi pastinya. Namun sepertinya isu-isu tersebut kemungkinan ada benarnya.