Mengontrol Smart home Melalui Aplikasi Line Things

1129

Kini Aplikasi perpesanan menjadi lebih bersifat multi-fungsional. Terlepas dari panggilan video dan aktivitas sharing foto, para pengguna dapat membuat rencana masa depan melalui Facebook Messenger, dan bahkan berbelanja melalui aplikasi seperti WeChat. Line, aplikasi chat yang dikenal memiliki fitur stiker lucu, mengungkapkan rencananya saat event  IFA 2018 untuk mengintegrasikan Internet of Things.

Line Things adalah platform kontrol IOT dengan twist menyerupai Line. Anda dapat mengharapkan desain eye catchy dilengkapi dengan fungsi yang sesuai dengan pernyataan misi perusahaan Line yaitu ‘closing the distance‘ dengan membuat produk smarthome lebih mudah diakses melalui aplikasi yang umum digunakan di beberapa bagian dunia. Dari banyak aplikasi dan ratusan notifikasi terpisah yang masuk melalui ponsel Anda, Anda akan hanya memiliki satu sumber yang familier.

Platform ini masih dalam tahap awal development dan belum memiliki perangkat keras yang kompatibel, jadi demonstrasi di IFA lebih menunjukan konsep dalam penggunakan ponsel dan tablet. Yang paling menarik di sini adalah ‘plant monitor’ yang terhubung atau jenis fitur pot tanaman yang akan mengingatkan Anda untuk menyiraminya. Ini menunjukkan bagaimana Line Things akan bekerja di dunia nyata. Monitor Bluetooth akan terhubung dengan Line Things dan siap mengontrol melalui aplikasi.

Anda dapat memilih jenis tanaman Anda, dan Line Things akan memberikan health point ke tanaman, yang berubah sesuai dengan jumlah cahaya, air, dan suhu lingkungan yang diterima tanaman. Ini membuatnya mudah untuk merawat tanaman melalui pemahaman lingkungannya. Perubahan dilakukan menggunakan penggeser, dan lihat emoji lucu di sudut layar aplikasi yang menunjukkan hasil potensial dari ‘care’ Anda.

Line Things juga bekerja dengan microwave yang terhubung, dimana instruksi memasak makanan dapat dikontrol melalui internet dan secara otomatis dikirim ke microwave. Semuanya datang melalui Line, sebuah aplikasi yang penggunanya sudah cukup familier menggunakannya. Anda akan mendapatkan lansiran dari produk terhubung yang ditautkan dengan Line Things melalui satu aplikasi.

Menurut Line, pihaknya berencana untuk meluncurkan Line Things pada paruh pertama tahun 2019, dan akan tersedia di pasar Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia. Jika langkahnya berhasil, Line berharap aplikasi ini akan menjadi layanan global di masa depan.