Jurassic World

Mengintip Proses Pembuatan Spesial Efek Jurassic World

545

Wah, ternyata dinosaurus yang ada di film blockbuster Jurassic World tidak nyata! Berbeda dengan seri-seri Jurassic Park sebelumnya yang melibatkan dinosaurus motorik, dalam installment terakhir, dinosaurus dihasilkan secara Computer-generated imagery (CGI).

Setelah menunggu selama 14 tahun, saga Jurassic Park akhirnya dilanjutkan. Jurassic World yang disutradarai oleh Colin Trevorrow (Safety Not Guaranteed) meledak dipasaran dan digandrungi oleh pecinta saga orisinalnya maupun orang-orang baru yang baru pertama kali menyaksikan kisah tentang taman bermain berisi dinosaurus ini.

Untuk menghidupkan karartek hewan-hewan yang sudah punah jutaan tahun yang lalu, Universal Pictures menggunakan jasa perusahaan spesial efek ternama, Industrial Light & Magic (ILM) untuk penggarapan CGI, sementara untuk membuat robot dinosaurus berukuran sebenarnya diserahkan kepadara Legacy Effects, yang merupakan perusahaan spesial efek yang didirikan oleh alumnus Jurassic Park dan Terminator, Stan Winston.

Namun tidak seperti kisah Jurassic Park sebelumnya, Jurassic Wold lebih mengedepankan penerapan CGI dibandingkan penggunaan robot dino berukuran sebenarnya. Hal ini membuat peranan ILM menjadi sangat fital untuk membuat bagaimana para dinosaurus yang awalnya terlihat lucu dan menggemaskan menjadi hewan buas yang tidak dapat dikendalikan, menjadi nyata.

Perusahaan yang berada di balik spesial efek film-film blockbuster, seperti Transformers, Captain America, Iron Man, hingga Star Wars ini berhasil menyelesaikan pekerjaan rumah mereka dengan sangat baik. Salah satunya tentu bisa kita lihat di pendapatan Jurassic World di seluruh dunia yang mencapai lebih dari US$1.6 miliar.

Baru-baru ini, perusahaan yang didirikan oleh sutradara kawakan Goerge Lucas tersebut merilis video dibalik layar tentang penggarapan spesial efek Jurassic World. Kita bisa melihat bagaimana merekah merubah manusia menjadi dinosaurus yang dapat dikendarai oleh anak-anak, serta berbagai proses transformasi lainnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.