Membuat Rumah Agar Terkesan Lebih Luas ala Gadgeteer

120

Jika Anda dan keluarga tinggal di rumah yang kecil dan mungil, Anda pasti menginginkan ruangan yang lebih luas. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah mungil terasa lebih luas.

Pemilihan Warna Cat

Dilansir dari situs resmi Dulux, warna cat pun bisa membuat ruangan di rumah Anda terlihat luas. Manfaatkan kekuatan transformasi warna sebuah ruangan dapat memiliki efek tiga dimensi, atau secara visual terlihat lebih besar sehingga memberi kesan ruangan yang jauh lebih luas. Adapun menggabungkan koleksi warna  bisa menjadi jalan lain. Hal ini dapat menciptakan perspektif baru bagi ruangan yang selama ini tidak pernah digunakan atau tidak pernah diperhatikan.

Anda bisa memulainya dengan memilih tiga warna utama, blue grey, khaki, dan neutral pink yang masing-masing dilengkapi empat kombinasi. Perbedaan kekuatan setiap warna dapat digunakan secara bersamaan untuk menciptakan nuansa senada, serta menghasilkan efek tiga dimensi yang menciptakan ilusi ruangan agar terlihat lebih luas. Variasi warna berbeda juga dapat dikombinasikan untuk menciptakan harmonisasi warna dan menarik perhatian ke arah area yang selama ini terlupakan.

Menambah Sumber Cahaya

Jika ruangan terasa kecil maka akan terlihat lebih gelap, karenanya cat dengan warna yang lebih terang di sekitar jendela Anda adalah solusi yang berguna untuk membuat ruangan tersebut terasa lebih luas. Menggunakan warna turunan yang lebih terang akan membuat kesan ilusi jendela terlihat lebih besar. Semakin banyak cahaya masuk maka ruangan akan terlihat semakin luas.

Menyingkirkan Barang-Barang

Barang pecah belah dan perabot rumah tangga biasanya mendominasi isi rumah sehingga terasa sangat sempit. Cobalah anda siapkan satu ruangan atau satu sudut ruangan yang tidak begitu terlihat untuk meletakkan barang-barang perabot rumah tangga dan barang lainnya, kecuali barang-barang yang memang penting seperti tempat tidur, tempat menaruh televisi, kursi tamu dan lain sebagainya.  Pindahkan barang-barang tersebut ke ruang kosong tersebut secara menyeluruh.  Dengan begitu sudah pasti akan membuat rumah anda terasa sangat lega.  Selanjutnya anda tinggal menyesuaikan kembali sesuai kebutuhan anda selama tidak memakan tempat.

Menggunakan Cermin

Tak hanya teori, cermin memang mampu memberi ilusi ruangan, membuatnya tampak lebih luas. Pasang cermin di seberang jendela agar cahaya dari luar terpantul ke dalam. Biarkan jendela polos tanpa ornamen, pilih penutup jendela dengan bentuk simpel.

Rumah yang sempit memang bisa dibuat terasa lega dengan permainan kaca.  Dengan melapisi dinding rumah dengan cermin kaca, maka pandangan kita akan menjadi lebih jauh.  Namun cara ini juga bisa membuat pusing serta dapat membuat orang menabrak kaca bagi orang-orang yang belum terbiasa tinggal di rumah kaca.  Permainan desain interior dan pemilihan perabot yang tepat dapat memberikan kesan yang luas di rumah anda.

Merenovasi Bangunan

Alternatif terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meluaskan rumah yang sempit adalah dengan melakukan perombakan bangunan. Cara yang satu ini sudah pasti membutuhkan banyak biaya yang akan menguras isi kantong anda.  Anda bisa meningkat rumah anda ke atas dari yang satu tingkat menjadi dua tingkat, atau yang dua tingkat menjadi lebih dari dua tingkat. Apabila ada lahan yang belum terpakai, maka anda bisa memperluas rumah anda dengan mengubah lahan kosong menjadi ruangan baru. Sebaiknya gabungkan ruangan yang baru dengan ruangan yang sudah ada dengan menjebol dinding pemisahnya sehingga akan membuat rumah semakin terasa luas.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.