MacBook Air 2016

MacBook Air 2016: Lebih Langsing Ketimbang Sebelumnya

99

Sudah delapan tahun lamanya MacBook Air malang melintang dalam industri teknologi dan dalam kurun waktu tersebut banyak sekali perubahan. Bagi Anda yang sudah tidak sabar akan generasi MacBook Air 2016 terbaru maka penantian tersebut tidak akan lama lagi, seperti yang Digitimes beritakan bahwa Apple akan segera mengeluarkan MacBook baru 13 inci dan 15 inci pada pertengahan tahun 2016.

Hampir setahun yang lalu MacBook Air terakhir kali dibuat dengan lebih memilih prosesor Intel Broadwell, daripada memakai generasi keenam dari pabrikan Skylake. Sekarang merupakan saat yang tepat untuk mengeluarkan model terbaru dengan menggunakan prosesor Skylake.

Apple mungkin akan mengakhiri pembuatan MacBook Air berukuran 11 inci dan akan digantikan dengan ukuran 15 inci. Bagaimanapun juga Apple akan menjaga MacBook Air tetap ‘hidup’. Atau mungkin tidak, karena Apple memiliki dua produk lain yang serupa –MacBook 12 inci dan MacBook Pro—yang lebih simpel.

Setiap mengeluarkan produk terbarunya, Apple lebih cenderung sembunyi-sembunyi dengan memberikan informasi yang sangat sedikit. Tetapi jika MacBook Air 2016 memiliki perbaikan yang Anda harapkan, semoga saja Tim Cook akan memberikan informasi yang lebih spesifik pada acara WWDC bulan Juni mendatang.

MacBook Air 2016

MacBook Air yang saat ini sedang beredar dihargai sebesar $899 untuk model ukuran 11 inci dan $999 untuk model ukuran 13 inci. Menurut kabar burung yang beredar harga tersebut tidak akan jauh berbeda dengan MacBook Air 2016, yang membedakan hanyalah ukurannya saja. Maka Anda akan mendapatkan MacBook Air seharga $1088 untuk ukuran 13 inci dan $1233 untuk ukuran 15 inci. Dan lagi, ada rumor lain yang datang dari Economic Daily News yang mengatakan bahwa harga tersebut akan turun dan akan naik, turun untuk ukuran 13 inci dan naik untuk ukuran 15 inci.

Dapat diperkirakan akan ada penyegaran baru untuk MacBook Air yang akan beredar pertengahan 2016 ini. MacBook Air 2016 secara signifikan akan lebih tipis dan lebih ringan dari model yang sudah ada saat ini, dengan model baterai baru disertai sistem pendingin, prosesor Intel Skylake dan USB-C. Sebelumnya kita sudah pernah disuguhkan dengan USB-C pada MacBook, yang sangat memberikan andil besar untuk memangkas banyaknya slot sehingga ukuran MacBook Pro sangat tipis.

MacBook Air 2016

Beberapa kabar juga memprediksi akan diterapkannya sistem pengenalan sidik jari, tetapi sepertinya itu hanya angan-angan semata. Karena pada tahun sebelumnya prediksi sistem pengenalan sidik jari itu juga pernah tersebar luas namun tidak terjadi. Bagaimanapun juga, Apple sudah memiliki hak paten untuk teknologi Magic Mouse dan Force Touch. Sehingga dapat dikatakan kali ini rumor tersebut dapat terwujud.

MacBook Air 2016

Pergantian prosesor menjadi Skylake seharusnya memberikan perubahan yang signifikan daripada menggunakan Broadwell, seperti daya tahan baterai yang lebih lama dan efisiensi energi. Menurut Intel, prosesor Skylake memberikan kemungkinan 10% sampai 20% lebih cepat, 24% grafik lebih ringan dan ketahanan daya yang lebih lama pada MacBook Air 2016 ini.

Skylake memiliki keunggulan lain termasuk mendukung WiGig dan WiDi jarak pendek, transfer data berkecepatan tinggi seperti pengisian pengisian nirkabel. Jangan mengharapkan fitur tersebut akan hadir pada MacBook Air tahun ini, tetapi Apple seperti sedang mengembangkan teknologi tersebut untuk masa depan.

Jika Apple mempersiapkan untuk perilisan produk terbarunya pada bulan Juni, seharusnya saat ini sudah membocorkan beberapa fitur penting MacBook Air 2016. Tinggal beberapa minggu lagi, itu berarti produksi sudah mulai dikerjakan




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.