Lelucon April Mop Google Memakan Korban

80

April Fool’s Day atau yang lebih dikenal sebagai April Mop merupakan salah satu hari di mana orang-orang mendapat kebebasan mengerjai orang lain dan biasanya si korban tidak dapat marah. Namun, bagaimana jika lelucon tersebut dilakukan oleh perusahaan sebesar Google dan membuat para pengguna G-mail terancam kehilangan pekerjaan mereka?

Hal ini bermula dari sebuah tambahan tombol pada G-mail yang diberi nama “Send & Mic Drop” dengan posisi tepat di antara tombol Send dan Attach. Jika Anda memilih tombol tersebut, disengaja maupun tidak, maka sebuah gambar GIF minion yang bergaya seperti Ratu Inggris sambil menjatuhkan mikrofon akan muncul. Apa efeknya? Anda tidak akan menerima balasan dari e-mail yang Anda kirimkan.

Meskipun tidak ditampilkan pada pengguna yang berhubungan dengan pemerintahan, pendidikan, dan bisnis serta hanya disematkan untuk akun pribadi, namun ternyata berbagai protes mulai berdatangan. Kebanyakan akun pribadi tersebut menggunakan jasa G-mail untuk mengirimkan pesan yang bersifat resmi ataupun berhubungan dengan pekerjaan. Salah seorang pengguna G-mail yang tidak sengaja menekan tombol “Send & Mic Drop” itu menuliskan keluhannya di forum bantuan G-mail.

“Berkat Mic Drop, aku baru kehilangan pekerjaanku. Aku penulis dan sedang dikejar deadline. Setelah mengirim artikel ke bosku, aku tidak mendengar lagi kabar darinya. Aku ternyata tanpa sengaja mengirim e-mail menggunakan tombol ‘Mic Drop’. Ada beberapa perbaikan yang harus aku buat untuk artikelku dan aku tidak pernah menerima balasan dari bosku. Bosku tersinggung dengan animasi Mic Drop dan mengira aku tidak membalas e-mail-nya karena menganggap input darinya tidak berguna. Dan, hari ini aku menerima voicemail penuh amarah dari bosku.”

Dalam sebuah permintaan maaf resmi, Google mengakui bahwa tidak seharusnya mereka meletakkan tombol ‘Mic Drop’ itu bersebelahan dengan ‘Send’ dan ‘Attach’. Dan, memberikan opsi konfirmasi untuk menghindari kebingungan terkait penggunaan tombol tersebut. “Kami sadar banyak pengguna yang memanfaatkan jasa G-mail untuk pesan penting dan kami minta maaf jika Mic Drop ternyata malah menyulitkan hidup Anda.” Tidak hanya itu, perusahaan ini mengakui bahwa beberapa pengguna tetap mendapatkan GIF secara otomatis meskipun memilih tombol ‘Send’ standar.

Sori Google, lelucon kalian tahun ini gagal total.

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.