Lazada, Resmi diakuisisi Alibaba

Lazada Resmi Diakuisisi Alibaba

104

Lazada, salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara, kini resmi diakuisisi oleh Alibaba yang juga raksasa e-commerce asal Cina. Alibaba membeli saham mayoritas Lazada sebesar 1 miliar dollar. Secara teknis, 1 miliar dollar tersebut dibagi menjadi dua yaitu 500 juta dollar saham baru dan 500 juta dollar saham yang dimiliki oleh pemilik saham sebelumnya, Rocket Internet dan Kinnevik.

Satu pemegang saham yang masih bertahan yaitu Tesco, perusahaan ritel asal Inggris. Dalam akuisisi ini, Alibaba dipersilakan untuk membeli sisa saham yang tersedia dalam jangka waktu 12 – 18 bulan.

Dengan akuisisi ini, Alibaba akan mendapatkan akses langsung ke pasar Asia Tenggara. Lazada yang telah beroperasi di 6 negara termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand dan Vietnam.

Total populasi dari 6 negara tersebut ialah 560 juta penduduk dengan estimasi pengguna internet sebesar 200 juta. Dengan jumlah tersebut, Alibaba yakin akan mendapatkan manfaat pertumbuhan. Ditambah lagi dengan penetrasi internet di 6 negara tersebut yang terus meningkat.

“Globalization is a critical strategy for the growth of Alibaba Group today and well into the future. With the investment in Lazada, Alibaba gains access to a platform with a large and growing consumer base outside China, a proven management team and a solid foundation for future growth in one of the most promising regions for eCommerce globally. This investment is consistent with our strategy of connecting brands, distributors and consumers wherever they are and support our ecosystem expansion in Southeast Asia to better serve our customers.”

Presiden Alibaba Michael Evans

Dengan digabungnya pengalaman Lazada di Asia Tenggara dan Alibaba di Cina, Alibaba memiliki keuntungan lebih dibanding e-commerce lainnya. Lazada yang telah beroperasi dari tahun 2012, telah menjadi one-stop marketplace untuk brand lokal dan internasional.

Dengan menggabungkan posisi Lazada di Asia Tenggara dengan rantai suplai dan metode pembayaran yang variatif, Alibaba akan mendapatkan keuntungan besar dari akuisisi ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.