Layanan OTT Akan Diblokir

Layanan OTT Akan Diblokir Jika Tidak Memiliki Izin Resmi

110

Layanan OTT akan diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) jika tidak didaftarkan resmi. Kominfo memastikan akan menerbitkan Peraturan Menteri yang mengatur soal ini. Peraturan Menteri ini mewajibkan pendirian Badan Usaha Tetap (BUT) untuk semua layanan OTT yang beroperasi di Indonesia. Peraturan ini sendiri akan terbit akhir Maret depan.

Peraturan Menteri ini mendorong semua layanan OTT asing yang tidak memiliki BUT agar dapat membayar pajak ke negara. Jika tidak, layanan OTT akan diblokir. Salah satu layanan OTT yang bisa terblokir adalah Netflix.

Netflix sendiri sudah mendapatkan surat untuk mendaftarkan layanan OTT-nya dari Kemkominfo berdasarkan hasil rapat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Badan Telekomunikasi Indonesia (BRTI) pada Januari lalu.

Layanan OTT Akan Diblokir

Menkominfo Rudiantara menyebutkan Netflix harus berbadan hukum tetap atau bekerja sama dengan operator telekomunikasi lokal agar dapat memberikan konten ke masyarakat Indonesia. Opsi lain yang ditawarkan adalah Netflix harus memiliki izin sebagai penyelenggara penyedia konten digital. Di lain pihak, Telkom sudah terlebih dulu memblokir layanan ini dari jaringan mereka.

Baca juga: Telkom Resmi Blokir Netflix Mulai Hari Ini

Kewajiban BUT mengatur semua layanan OTT asing di mana mereka harus memiliki izin resmi untuk beroperasi dalam bentuk perusahaan PMA atau joint venture dengan pemodal lokal, seperti operator telekomunikasi.

Dilansir dari Bisnis.Com, Rudiantara juga mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pemutakhiran Peraturan Menteri yang mengatur kewajiban BUT bagi layanan OTT yang melakukan operasi di Indonesia. Jika tidak diindahkan oleh pihak yang bersangkutan, Rudiantara akan memberikan sangsi terkait hal ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.