Kapan Pengguna iOS Sebebas Pengguna macOS, Apple?

190

GadgetPlus.ID — Sistem operasi desktop dan mobile buatan Apple menyediakan sejumlah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Anda bisa menjelajah web, mengirim serta menerima surel, mengelola kalender serta kontak, dan masih banyak lagi, semua hanya dengan aplikasi bawaan macOS dan iOS.

Namun pada macOS, Anda diberi kebebasan untuk tidak memilih aplikasi-aplikasi tersebut. Katakanlah Anda ingin menggunakan Microsoft Outlook alih-alih Apple Mail; ketika Anda mengklik tautan untuk mengirim surel, Outlook akan terbuka. Atau jika Anda ingin menggunakan Chrome alih-alih Safari, hal yang sama akan terjadi: URL yang Anda klik akan terbuka di browser besutan Google tersebut.

01

Pada macOS Sierra, ubah peramban default di panel General, System Preferences.

Anda bahkan bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk membuka file jenis tertentu pada Mac. Misalnya Anda ingin bekerja dengan file teks biasa dan memiliki aplikasi pengedit teks khusus alih-alih Apple TextEdit. Anda bisa mengubahnya sehingga setiap kali mengklik ganda file .txt, ia akan terbuka di aplikasi pilihan Anda. Untuk melakukannya, pilih file, tekan Command-I, kemudian buka bagian Open With. Klik menu yang muncul dan pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan, kemudian klik Change All.

02

Mengubah aplikasi default untuk jenis file tertentu pada desktop.

Akan tetapi Anda tidak akan menemukan keleluasaan ini pada iOS. Jika Anda men-tap URL, ia akan terbuka di Safari. Jika Anda men-tap tautan untuk mengirim email, Mail yang akan terbuka. Anda mungkin tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut, dan karena Apple tidak memberikan pilihan apa-apa, Anda pun hanya bisa pasrah.

Sebagian dari Anda pasti ada yang terdaftar di ekosistem Google atau Microsoft, karena memang pilihannya atau tuntutan bisnis. Akan lebih efisien apabila Anda membuka tautan secara otomatis di aplikasi-aplikasi seperti Gmail atau Outlook. Ya, Anda memang bisa mengirim dan menerima surel dari layanan tersebut di Apple Mail, namun fitur-fitur yang dibutuhkan bisa jadi ada di aplikasi lain. Sementara untuk peramban, ada banyak alasan untuk menggunakan Google Chrome alih-alih Safari; jika Anda menggunakannya di desktop, Anda bisa menyinkronkan semua bookmark dan aktivitas agar bisa diakses melalui iPhone.

Safari dan Mail memang cukup mumpuni, namun keduanya dikeluhkan oleh banyak orang karena tidak intuitif dan kurang kaya akan fitur. Banyak orang juga yang lebih memilih Google Maps daripada Apple Maps karena aplikasi yang kedua masih menampilkan informasi yang keliru dan lebih sulit dibaca.

Kini iOS sudah versi 10, dan Apple masih belum mengizinkan pengguna untuk memilih opsi sesuai kehendak. Sangat disayangkan bahwa, dengan sistem operasi yang semakin matang, kita masih terpaku pada aplikasi-aplikasi bawaan Apple. Sebenarnya tidak sulit untuk mengubahnya; Apple memiliki protokol khusus untuk yang memungkinkan pengguna untuk memilih opsi sesuai keinginannya, seperti yang diterapkan pada Mac. Kini saatnya pengguna iOS memiliki kebebasan memilih seperti pengguna Mac.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.