Kamera Samsung Galaxy S7

Kamera Samsung Galaxy S7 Edge Ungguli iPhone 6s Plus

131

Tahun ini Samsung Galaxy S7 Edge hadir mewarnai percaturan gawai tangguh yang sudah disesaki oleh merek lain yang tak kalah kecanggihannya. Salah satunya adalah iPhone 6s Plus yang telah lebih dulu dirilis oleh Apple. Kamera Samsung Galaxy S7 Edge digadang-gadang sebagai fitur ciamik. Mengapa demikian?

Fitur Waterproof Samsung Galaxy S7

Meskipun kamera Samsung Galaxy S7 Edge hanya berukuran 12 MP, kameranya mengusung teknologi dual pixel yang merupakan ponsel pertama yang menggunakan teknologi layaknya kamera profesional yang dapat meningkatkan autofokus yang sangat cepat meskipun subjek bidikannya sedang bergerak. Resolusinya sendiri sebesar 1.4 Umpixel, serta tingkat pembukaan lensanya lebih besar, yakni f1.7.

Di sisi lain, iPhone 6s Plus memasang kamera iSight 12 MP dengan tingkat pembukaan lensa sebesar f/2.2 serta dilengkapi oleh fitur karena telah dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan Digital Image Stabilization (DIS). Tetapi manakah yang lebih baik di antara keduanya? Samsung Galaxy S7 Edge.

[nextpage title=”Pencahayaan Rendah dan Warna”]

Keuntungan terbesar dari teknologi dual pixel dan aperture yang lebih luas yang dimiliki oleh kamera Samsung Galaxy S7 Edge adalah saat digunakan di dalam ruangan dengan pencahayaan yang rendah. Sedangkan kamera iPhone 6s Plus cenderung kurang cahaya dalam kondisi seperti ini. Mengambil foto di ruangan yang remang-remang memang menjadi kesulitan tersendiri bagi kamera ponsel selama bertahun-tahun.

Meskipun produksi foto yang dihasilkan oleh Galaxy S7 Edge dalam kondisi dengan pencahayaan yang rendah bukan yang paling sempurna, jika dibandingkan fotonya akan jauh lebih baik ketimbang iPhone 6s Plus. Salah satu kekurangan dari Galaxy S7 Edge adalah keseimbangan warna yang condong lebih hangat. Pun begitu, produksi foto di ruangan kurang cahaya memang lebih baik daripada saingannya tersebut.

Dari segi kualitas warna, Samsung kerap mengalami masalah dengan warna yang terlihat oversaturated. Sementara iPhone 6s Plus tampak menghasilkan warna yang jauh lebih realistis dan alami. Mungkin ini adalah satu-satunya keunggulan kamera iPhone 6s Plus jika dibandingkan dengan Galaxy S7 Edge.

[nextpage title=”Kedalaman Ruang dan Kecepatan”]

Kamera Samsung Galaxy S7 Edge patut menerima pujian karena aperture f1.7 yang dimilikinya. Hal ini memungkinkan gawai dari vendor asal Korea Selatan ini menyajikan kedalaman ruang (DOF) yang lebih baik. Sedangkan iPhone 6s Plus dengan bukaan lensa f2.2 yang telah disebutkan tadi tidak lebih baik ketimbang Galaxy S7 Edge.

Kita juga tidak bisa melepaskan fitur kamera sekunder Galaxy S7 Edge. Baik kamera Samsung Galaxy S7 Edge maupun iPhone 6s Plus bagian depannya mengusung ukuran 5 MP. Dua-duanya mampu menawarkan performa yang sangat baik dalam kondisi dengan pencahayaan yang cukup. Perlu diperhatikan, kamera selfie Galaxy S7 Edge memiliki sudut pandang yang lebih luas sehingga mampu memproduksi gambar dengan detail yang lebih kaya.

Last but not least, meskipun kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy S7 Edge dan iPhone 6s Plus bisa bersifat subjektif, kecepatan aplikasi kamera yang dimiliki keduanya adalah hal yang mutlak. Untuk itu, Galaxy S7 Edge menjadi juaranya karena terbukti lebih cepat ketimbang perangkat iPhone tersebut. Samsung memungkinkan penggunanya membuka aplikasi kamera hanya dengan mengetuk tombol Home sebanyak dua kali.

Kamera iPhone 6s Plus akan memakan waktu selama 3,5 detik sebelum terbuka. Samsung juga sudah meningkatkan kecepatan autofokus Galaxy S7 Edge ketimbang pendahulunya. Karenanya, kecepatan autofokus yang dimiliki Samsung Galaxy S7 Edge menjadi jauh lebih baik ketimbang iPhone 6s Plus.

All photos courtesy of Engadget



Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.