Kalung Pendeteksi Kalori Lewat Kunyahan Makanan

30

Dengan berbagai aplikasi untuk mengecek aktivitas dan juga mengatur pola hidup, baik itu makanan dan olahraga, hidup Anda tentu lebih dimudahkan. Namun, kebanyakan dari aplikasi itu meminta Anda memasukkan data makanan apa yang sudah Anda konsumsi selama satu hari untuk kemudian dicek dari segi kalori, lemak, asupan gizi, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu saja cukup menyebalkan bagi beberapa orang yang bisa jadi tidak punya waktu untuk mendata ulang makanan mereka atau terkadang lupa.

Sebuah laboratorium yang terletak di University of Buffalo di Amerika berhasil mengembangkan perangkat baru dengan fitur yang sama, namun lebih praktis. Seorang ilmuwan komputer, Wenyao Xu, telah menciptakan kalung dengan mikrofon tersemat di dalamnya untuk mengetahui apa saja makanan yang masuk ke tubuh Anda hanya dari suara mengunyah. Beberapa contoh di antaranya adalah suara kencang untuk wortel, suara pelan untuk bolu gulung, dan masih banyak lagi.

Disebut AutoDietary, kalung ini seperti yang sudah dijabarkan di atas akan menjadi salah satu perkembangan teknologi yang paling signifikan dalam kehidupan Anda. Anda tidak akan bisa lagi makan secara sembunyi-sembunyi ataupun pura-pura lupa mendata makanan apa yang telah dikonsumsi dari pagi hingga malam hari. Semua akan tercatat, kecuali Anda melepas kalung tersebut.

“Sampai saat ini, belum ada jalan pintas pada perangkat yang bisa langsung tahu berapa kalori yang telat kita bakar. Menciptakan perangkat yang dapat mengukur masuknya kalori tidak mudah. Tiap makanan memiliki suaranya sendiri saat dikunyah,” ungkap Xu. Dengan perangkat ini, semua makanan padat yang masuk ke perut Anda dapat terdata dan informasinya dapat disatukan dengan data lain dari fitness tracker Anda. Selain makanan, minuman juga dapat dilacak dengan tingkat keakuratan mencapai 85%. Namun, kekurangan AutoDietary sendiri adalah masih belum dapat mendeteksi bahan-bahan di dalam sup, misalnya.

Dari apa yang ditawarkan sendiri, perangkat ini agaknya akan menjadi salah satu terobosan besar di bidang teknologi kesehatan.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.