iPhone 8 vs. Samsung Galaxy S8, Siapa Tiru Siapa?

43

GadgetPlus.ID — Galaxy S8 adalah salah satu smartphone yang paling dinanti kehadirannya pada 2017 nanti. Ponsel unggulan besutan Samsung tersebut diramalkan mengusung desain baru, lengkap dengan fitur-fitur canggih yang akan tersemat juga pada iPhone 8. Laporan terbaru mengindikasikan bahwa bagian depan Galaxy S8 akan didominasi oleh layar (all screen), dengan sensor sidik jari ditempatkan tepat di bawahnya.

Kabar mengenai Samsung yang akan beralih ke desain tanpa bezel untuk smartphone unggulannya sudah lama beredar. Namun Bloomberg sepertinya yakin bahwa kali ini Samsung akan mewujudkannya melalui Galaxy S8. Meskipun demikian, tidak ada yang pasti sebelum Samsung sendiri yang mengumumkannya.

Menurut sumber yang mengetahui persoalan ini, layar Galaxy S8 akan dilengkapi dengan tombol Home virtual. Smartphone ini akan tetap menggunakan layar OLED bersisi lengkung seperti yang bisa ditemukan pada model-model Galaxy S sebelumnya. Galaxy S8 sejatinya dirilis pada Maret 2017, namun Samsung harus mengambil langkah ekstra untuk memastikan perangkat ini aman digunakan, yang artinya tanggal peluncuran bisa saja mundur hingga April.

“Akibar dari permasalahan yang menimpa Galaxy Note 7, butuh waktu agak lama bagi Galaxy S8 untuk terverifikasi sebagai perangkat yang aman,” kata Greg Roh, analis HMC Investment Securities Co kepada Bloomberg. “Sisi keamanan ponsel jauh lebih penting daripada inovasi peranti keras. Dibutuhkan waktu satu atau dua bulan sebelum orang-orang bisa memiliki Galaxy S8.

Laporan menyebutkan Galaxy S8 akan ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dan CPU Exynos buatan Samsung sendiri. Selain itu, smartphone ini akan memiliki asisten digital baru yang berbasis pada fitur-fitur AI hasil pengembangan Viv Labs, perusahaan yang dibeli Samsung pada Oktober lalu.

Sementara itu, Bloomberg juga mencatat bahwa iPhone 8 akan menggunakan layar OLED bersisi lengkung tanpa bezel yang dilengkapi tombol Home virtual. Jika benar demikian, maka kemungkinan besar Samsung akan lebih dulu, dibanding Apple, memperkenalkan konsep desain smartphone baru ini ke hadapan publik, meskipun rumor seputar layar edge dan tombol Home virtual lebih sering dikaitkan dengan iPhone 8, yang diprediksikan rilis pada September 2017.

01

Xiaomi Mi Mix

Di lain pihak, perusahaan pertama yang meluncurkan smartphone dengan desain all-screen adalah Xiaomi. Smartphone Mi Mix tersedia dalam jumlah terbatas dan memastikan bahwa Xiaomi merupakan pabrikan smartphone pertama di dunia yang berhasil menerapkan desain tersebut.




Leave a Reply

Your email address will not be published.