Instagram Akan Luncurkan Aplikasi Khusus Online Shopping ?

150

Setelah meluncurkan platform video IGTV pada bulan Juli tahun ini, Instagram sepertinya terus melanjutkan pembaharuan. Menurut The Verge , platform berbagi gambar dan video yang dimiliki Facebook ini, sekarang sedang mengerjakan aplikasi baru yang kemungkinan besar disebut IG Shopping.

Apakah namanya akan jelas seperti itu? belum pasti, tetapi adanya dugaan IG Shopping adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mengikuti pedagang di platform baru yang potensial, menelusuri koleksi barang untuk dijual dan melakukan pembelian secara langsung. 

Anda mungkin sudah famailiar dengan Instagram Shopping , yang diluncurkan ke pengguna di delapan negara awal tahun ini. Fitur ini memungkinkan bisnis menggunakan tag ‘shoppable’ pada postingan, memungkinkan pengguna untuk membeli merchandise langsung dari gambar itu sendiri.

Belum ada detail lain tentang aplikasi baru ini, termasuk tentang waktu peluncuran. The Verge sendiri mencatat bahwa aplikasi ini “dapat dibatalkan sebelum rilis”, meskipun Instagram diyakini optimis tentang ekspansi lebih lanjut ke dalam e-commerce.

Facebook pastinya mempunyai potensi untuk menambahkan lebih banyak tools atau fitur untuk pedagang jika IG Shopping diluncurkan. Jika benar, itu akan menempatkannya dalam persaingan langsung dengan platform e-commerce online lainnya seperti Shopify atau Amazon Webstore.

Dengan Instagram Shopping sudah tersedia di aplikasi utama itu sendiri, Facebook memiliki fondasi yang baik untuk membuatnya, tetapi mengingat reputasi buruk tentang media sosial, tentunya akan menarik untuk melihat bagaimana platform baru yang potensial ini bisa melindungi penggunanya tentang detail pembayaran online.