Singapore International Robo Expo

Inovasi Masa Depan Singapura

91
Singapura tengah mendorong batas-batas inovasi untuk memantapkan posisinya sebagai pusat inovasi dan mewujudkan ambisinya menjadi Smart Nation pertama di dunia.

GadgetPlus.ID − Singapura tengah mendorong batas-batas inovasi untuk memantapkan posisinya sebagai pusat inovasi dan mewujudkan ambisinya menjadi Smart Nation pertama di dunia. Kehidupan yang ada telah memicu inovasi dari ekosistem dan kewirausahaan untuk menata dan mendefinisikan kembali kehidupan kita.

Pergerakan Inovasi Global di Asia

Jejak geografis inovasi telah berubah dengan dramatis ketika penelitian dan program pengembangan menjadi hal yang lebih global. Berdasarkan laporan Global Innovation study pada tahun 2015, setidaknya 94% para inventor terbesar didunia kini menempatkan program R&D di luarnegeri, dan Asia menjadi salah satu tempat favorit, diikuti olehAmerika Utara dan Eropa.

Pengembangan di luar wilayah tersebut mengakibatkan pengeluaran R&D di Asia melebihi Eropa dan Amerika. Bahkan, diperkirakan pembiayaan ini akan meningkat hingga dua kalinya pada 2017. Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya ekonomi Asia yang cenderung konsumtif, yang kemudian mendorong perusahaan untuk lebih dinamis dan kreatif dalam penelitian dan inovasi mereka.

Menjadi Silicon Valley Asia Tenggara

Sebagai gerbang menuju Asia, Singapura jelas memiliki lokasi yang sangat menarik untuk dijelajahi dan menciptakan solusi inovatif yang akan mengubah hidup di wilayah tersebut dan sekitarnya.  Hal ini dikarenakan negara yang memiliki ikon Merlion ini memiliki ekosistim yang paling menarik bagi perusahaan untuk dirancang dan dikembangkan.

Hal ini dapat dilihat ketika Singapura berhasil menarik modal ventura sebesar US$1,7 miliar pada tahun 2013 berdasarkan Asia Venture Capital Journal Research. Selanjutnya, Singapura memiliki ekosistem kewirausahaan baru yang telah menjadi wadah tempat bergabungnya lebih dari 55.000 start-up dan menjadi tempat dimana akuisisi start-up paling banyak terjadi di Asia Tenggara. Hal inilah yang menjadikan Singapura sebagai Silicon Valley dari Asia Tenggara.

Menduduki peringkat ketujuh dunia dalam hal Global Innovation Index, Singapura kini menjadi pusat dari R&D dan inovasi untuk wilayah Asia Tenggara.Pemerintah Singapure telah berkomitmen untuk mendorong kemampuan R&D, inovasi perusahaan dan kewirausahaan melalui Research, Innovation and Enterprise Plan (RIE 2020) dengan menggelotorkan dana sebesar US$14 miliar.

Selain itu, orang-orang yang sangat berbakat dibidangkan kemudian berkolaborasi dengan para pemain utama di industri terkait untuk menghasilkan inovasi terkemuka di dunia. Procter & Gamble dan Danone merupakan contoh dari perusahaan yang memiliki pusat R&D di Singapura untuk mengembangkan produk di wilayah Asia Pasifik.Selain itu, ada juga Visa, Allianz, Nielsen, BP (British Petroleum).

Singapore International Robo ExpoSingapura telah menjadi tuan rumah dari banyak penelitian, inovasi dan ajang pergelaran teknologi, menyatukan para pemimpin industri untuk mendiskusikan ide-ide global yang relevan, membantu menginspirasi perubahan dan mempromosikan eksplorasi konsep-konsep baru. Untuk tahun ini, setidaknya ada empat pergelaran teknologi yang diadakan sepanjang November 2016, yaitu:

EdTech X Asia

Ajang pameran teknologi berikutnya dilaksanakan pada 8-9 November. EdTech X Asia adalah forum para pemimpin dalam untuk mendorong diskusi dan solusi yang dapat mengubah tatanan pendidikan dan proses pendidikan jangka panjang yang dibutuhkan Asia pada abad ke-21.

Asia Pacific Medtech Forum

Diselenggarakan hampir bersamaan dengan EdTech X Asia, yaitu pada 8-10 November, Asia Pacific Medtech Forum akan fokus dalam hal kesehatan, dalam hal ini tantangan dari industri dan peluang untuk menghasilkan inovasi dan kolaborasi dalam memecahkan permasalahan kesehatan di Asia Tenggara.

Singapore Fintech Festival

Singapore Fintech Festival menjadi ‘pesta teknologi’ penutup di November 2016, yang mana akan diselenggarakan pada 14-18 November. Ajang ini akan mempertemukan serangkaian acara FinTech lainnya untuk membangun hubungan baik, berbagi pengetahuan, dan menciptakan peluang bisnis di antara start-up, investor, lembaga keuangan, mitra ekosistem lokal, dan lembaga pemerintah .

Informasi lebih lanjut tentang EdTech X Asia dapat dilihat disini. Dan tentang Asia Pacific Medtech Forum dapat dilihat disini serta tentang Singapore Fintech Festival dapat dilihat disini.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.