Inilah Para Juara Kamera dan Lensa Terbaik Di Ajang Camera Grand Prix 2018

2364

Inilah ajang para juara produk kamera dan lensa di Camera GP (Grand Prix), acara tahunan yang diselenggarakan oleh Camera Journal Press Club (CJPC, Japang) yang berdiri sejak tahun 1963. Club ini merupakan sebuah grup yang diwakili oleh orang-orang dari berbagai majalah ataupun website. Panitia seleksi yang bekerja di bawah naungan CJPC Komite Eksekutif Camera Grand Prix brerunding dan memilih produk terbaik untuk empat penghargaan yang beredar di pasar selama satu tahun sebelumnya ya yaitu dari 1 April 2017 hingga 31 Maret 2018.

Panitia seleksi terdiri dari anggota CJPC, pemimpin redaksi (atau direktur pengelola) dari publikasi anggota CJPC, anggota eksternal yang dipercaya oleh Komite Eksekutif Camera Grand Prix, dan anggota khusus lainnya seperti ahli akademis, penulis teknis, fotografer profesional, dan perwakilan dari berbagai organisassi yang berkaitan dengan fotografi. Selain itu ada juga TIPA, Technical Image Press Association, sebuah asosiasi dari majalah yang terkait dengan foto atau imaging, yang sekarang memiliki 30 anggota dari 17 negara terutama di Eropa, yang tergabung dengan komite. Total, ada 53 orang terlibat dalam proses seleksi.

Alasan-alasan mengapa komite memilih produk tertentu pun dinyatakan dan disusun oleh Komite Eksekutif Cemera Grand Prix.

Kategori Camera Grand Prix yaitu :

  • Camera of The Year, diberikan kepada kamera still yang diakui sebagai yang terbaik dari semua dirilis selama periode tersebut.
  • Lens of the Year, diberikan kepada lensa terbaik yang diluncurkan di pasar Jepang.
  • Readers Award, ditentukan oleh voting pengguna kamera secara umum di situs khusus yang diselenggarakan dari tangal 23 Maret hingga 12 April 2018.
  • Editors Award, untuk produk kamera atau bentuk lain dari produk yang berkaitan dengan fotografi, selain “Camera of The Year” yang diberikan dalam pertimbangan popularitas produk, aktualitas, dan inovasi. Editors Award tahun ini biasanya diberikan kepada beberapa merk produk. Tahun ini ada dua merk produk.

 

Camera of The Year
Kamera Grand Prix 2018 Kamera Tahun ini akan diberikan kepada “α9”, diproduksi oleh Sony Corporation.    
Alasan Pilihan : Kamera ini jelas merupakan indikasi lebih jauh kemungkinan kamera di masa depan. Sebagai kamera mirrorless dengan 35mm sensor gambar full-frame, sony α9 memberikan kinerja yang luar biasa. Tumpukan Sensor gambar full frame CMOs ditambah perangkat memori internal menjadikannya cepat dalam membaca imej. Potensi sangat besar dari sebuah kamera mirrorless yang dilengkapi rana elektronik, bukan mekanikal, yang digunakan sebagai rana utama.

Pengambilan gambar yang cepat, tidak berisik, pengambilan gambar kontinyu 20 frame per detik sedikit distrosi dan tidak ada blackout terlihat dalam viewfinder elektronik, yang semuanya sulit untuk jendela elektronik konvensional.

Autofocus memberikan presisi tinggi berkat 693-point focal phase deteksi yang mencakup 93% frame, deteksi mata dan tracking juga luar biasa. Kamera ini telah mengubah konsep mirrorless dan meyakinkan kita bahwa beberapa objek gambar, diam tau bergerak, hanya dapat ditangkap baik dengan kamera ini. Cocok untuk penggunaan profesional. Banyak anggota panitia seleksi sangat menghargai kualitas inovatif.

 

Lens of The Year
Kamera Grand Prix 2018 Lens of the Year akan diberikan kepada “M. ZUIKO DIGITAL ED 17mm F1.2 PRO ”, diproduksi oleh Olympus Corporation.


Alasan Pilihan : Menghasilkan resolusi yang luar biasa dan bokeh berkualitas tinggi. Lensa super cepat ini memberikan sudut terlebar pada saat ini di jajaran lensa Olympus max F1.2. Kualitas dan kuantitas bokehnya, yang direalisasikan melalui pengalaman teknologi perusahaan, cukup besar sebagai kamera full-blown, memberikan gambar blur yang indah seperti gambar bulu.

Lensa ini memang layak mendapat kepercayaan fotografer. Kontras yang tinggi dan resolusi dapat diberikan bahkan pada pengaturan aperture terluas. Meskipun strukturnya rumit, lensa ini memberikan gambar yang cukup alami. Mewakili kemungkinan yang lebih luas dari Spesifikasi Sistem Micro Four Thirds, dengan mana perangkat sensor gambar yang lebih kecil dapat mempersingkat panjang fokus sebenarnya.

Ia juga bekerja dengan baik sebagai lensa AF ketika dipasangkan dengan kamera Olympus, memungkinkan pemfokusan yang akurat. Lensa terbaik untuk kualitas penggambaran terbaik.

 

Editors Award & Readers Award
Penghargaan Pembaca Grand Prix 2018 Kamera akan diberikan kepada “D850”, yang diproduksi oleh Nikon Corporation.

Alasan Pilihan: Produk yang sempurna sebagai DSLR dengan jendela bidik optik dan cermin refleks quick-return, layak disebut sebagai mahakarya dalam sejarah kamera. Resolusi luar biasa dari 45,75 megapiksel yang efektif berhasil mempertahankan kecepatan dan kepekaan yang lebih tinggi.

Selain Sistem AF yang akurat, pemfokusan cepat, sama dengan model yang lebih tinggi, kecepatan pemotretan D850 adalah 7 fps, dan bahkan hingga 9 fps bila digunakan dengan Paket Baterai Multi-Daya MB-D18 opsional dan EN-EL18B atau Baterai EN-EL18a.

Kualitas gambar tetap bagus bahkan dalam berbagai sensitivitas, dari yang lebih rendah hingga yang lebih tinggi, dan white balancing otomatisnya juga sangat akurat. Daripada berkonsentrasi pada fitur tertentu, ia menyajikan kinerja yang seimbang di berbagai hal. Cocok untuk berbagai genre dan bidang, termasuk pers, olahraga, potret, ataupun lanskap.

Pengoperasian yang dirancang dengan cermat adalah daya tarik lainnya. Anda dapat menjepret dengan lancar sesuka hati. D850 menunjukkan esensi terbaik dari SLR dengan fungsi dan kegunaan yang paling canggih. Pecinta foto mana pun akan mengagumi model ini.

 

Editors Award
Penghargaan Grand Prix 2018 Editor Kamera diberikan “LUMIX G9 PRO” yang diproduksi oleh Panasonic Corporation.

Alasan Pilihan : Mulai dari LUMIX G1 yang diluncurkan pada tahun 2008, pemenang Penghargaan Grand Prix Editor Kamera ke-20, merek ini telah berevolusi untuk memproduksi LUMIX G9 PRO andalannya yang baru setelah 10 tahun, terutama yang ditujukan untuk para antusias dan pecinta foto. Ini menandai perkembangan besar dengan perbaikan signifikan dalam fungsinya, untuk menjadi kamera still high-end yang lengkap.

Meskipun terstruktur dengan baik untuk mengambil gambar diam, ia menawarkan fungsi yang unik dan canggih seperti mode foto 4K / 6K, seperti yang Anda harapkan dari jajaran kamera LUMIX. Cukup mengagumkan untuk merasakan sikap dari perusaaah yang membuatnya yang tulus terhadap fotografi, dengan tingkat kesempurnaan yang tinggi sebagai model Micro Four Thirds System, yang menunjukkan visi kamera yang lebih praktis di masa depan. Ini adalah kamera yang ambisius yang berguna untuk berbagai macam peluang foto dengan fungsi besar pemotretan beruntun cepat dan fokus otomatis akurat.