Huawei P9: Bagaikan Sebuah Kamera DSLR Mini dalam Genggaman Anda!

425

File_000 (Small)

Jaman sekarang membeli sebuah ponsel baru tentunya selain memperhatikan sisi design, spesifikasi dan kualitas produknya itu sendiri, termasuk sejauh mana kualitas kamera yang dibenamkannya. Semenjak era fotografi smartphone berkembang dari era Nokia Lumia 920 yang kemudian bersaing dengan iphone 5 dari Apple, trend persaingan phone camera ini terus berkembang dan berlanjut sampai akhirnya Huawei meluncurkan smartphone canggihnya yaitu P9.

File_001 (Small)

Huawei P9 dirilis pada bulan April 2016 secara global, dan pada Desember lalu di Indonesia. Sebagai generasi penerus Huawei P8, P9 nyaris mempertahankan desain yang sama dengan pendahulunya namun berbekal teknologi kamera Leica, perangkat ini dilengkapi dengan dual kamera belakang – satu untuk menangkap pandangan di monokrom, yang lain untuk menangkap warna. Foto tersebut kemudian dipadukan untuk menciptakan foto akhir dengan kontras dan warna yang lebih baik dan mendalam. Dalam persaingan smartphone fotografi, Huawei P9 kini siap menantang Iphone 7, Samsung S7 Edge, LG V20, dan Google Pixel. Leica sebagai legenda di industri fotografi menjadi jaminan bahwa kamera yang dibenamkan dalam P9 ini benar-benar berkualitas tinggi.

 File_002 (Small)

Spesifikasi singkat Huawei P9

5.2-inch, 1080×1920, 423ppi screen, Dual (colour and monochrome) 12-megapixel rear cameras with Leica optics, 8-megapixel front camera, Kirin 955 chipset, dual quad-core processors plus GPU, 32/3GB RAM, nanoSIM, microSD card (up to 128GB), Android 6.0 (Marshmallow). USB Type-C, Fingerprint reader, Fixed 3,000mAh battery, 145x71x7mm. 144g.

Pengalaman memakai Huawei P9

Ponsel ini berukuran 5.2 inci dengan Display Full HD (1920 x 1080 pixel), cukup nyaman digenggam dan dimasukan ke saku celana. Desainnya kokoh dengan menggunakan sasis logam disekeliling ponsel dengan berbekal RAM 3GB yang dimotori oleh processor HUAWEI Kirin 955 (64-bit), Octa-core (4 x 2.5 GHz A72+ 4 x 1.8 GHz A53) dengan GPU Mali-T830MP2. Sementara untuk memori internalnya, seluas 32 GB plus slot microSD dengan kapasitas sampai 128GB. Lebih dari cukup untuk menampung ratusan foto dengan resolusi maximum. Ponsel ini cukup gesit untuk menjalankan EMUI (Emotion User Interface) jarang sekali LAG. Huawei  berhasil membuat sistem antarmuka simpel, mudah digunakan, tetapi juga fungsional dan yang paling penting adalah MINIM Bloatware bawaan. Sesekali penulis merasakan gejala Lag jika banyak membuka aplikasi dan kondisi ponsel sedang dalam kondisi panas, namun itu sangat jarang terjadi.

EMUI (Small)

Untuk segi baterai, Huawei P9 dibekali dengan baterai kapasitas 3000 mAh. Ada fitur Smart Power yang membuat daya tahan baterai menjadi lebih irit. Untuk penggunaan normal baterai, sanggup bertahan selama 1 hari, berbeda jika dipakai untuk main game, otomatis lebih boros.

File_005 (Small)

Untuk penggila multimedia, Huawei P9 membenamkan teknologi HiSilicon Hi6402 audio DSP yang terintegrasi dengan desain speaker. Mereka mengklaim teknologi audionya bisa menghasilkan kualitas sound yang lebih prima dan bagus jika dibandingkan dengan perangkat lain. Jika menguji menggunakan speaker bawaannya yang terletak di body bawah sebelah kanan mungkin tidak terasa perbedaannya, namun jika diuji dengan menyambungkan dengan speaker external, baru terasa. Penulis telah mengujinya dengan menggunakan speaker JBL Creature II, dan hasilnya sangat memuaskan.

Kualitas Kamera P9

Mari kita bahas bagian yang paling diunggulkan oleh Huawei P9. Huawei telah bekerjasama dengan Leica untuk menanamkan teknologi fotografi mobile terbaik di dunia untuk ponsel ini, terbukti di bagian belakangnya ada logo Leica. Penempatan logo tersebut tidak terlepas dari tersematnya dua lensa leica dengan ukuran sensor 1,25 mikron.

Dual kamera yang berposisi sebagai kamera utama dengan resolusi 12 MP ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Satu unit berfungsi untuk menangkap warna, sementara unit lain hanya bisa melihat hitam dan putih saja. Kedua unit ini dipadukan untuk menghasikan gambar yang detil dalam kondisi outdoor dan indoor serta mampu mengurangi noise dalam kondisi kurang cahaya.

Menu Mode (Small)

Screenshot_2017-01-30-13-44-52 (Small)

P9  memiliki lensa dengan AV (aperture f/2.2) dengan DOF (field of view) setara lensa 27mm. Autofokusnya cukup responsif, jika salah menangkap objek, penulis bisa mengkoreksinya dengan men-tap objek yang dimaksud di layar ponsel. Selain itu, ditanamkan dual LED flash sangat membantu pencahayaan dalam kondisi minim cahaya.

P9 bisa dikatakan responsif meski dalam kondisi low-light, desain dual-camera sangat membantu meski angka ISO pada kamera ini terbatas pada 3200. Akan lebih dahsyat lagi jika ke untuk ke depannya, angka ISO ini bisa dinaikan lagi seperti kamera-kamera DSLR umumnya (contoh 6400, 12000). Namun dengan ISO tersebut, P9 dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang tidak kalah dari kamera DSLR.

Untuk antarmuka kamera, penulis tinggal men-swipe jari ke kanan untuk akses mode dan kiri untuk memilih setting dan Menu mode. Pada menu Mode, pilihannya sangat lengkap yaitu Monochrome, Beauty, Video Beauty Video, HDR, Night Shot, Panorama, Light Painting, Timelapse, Slow-mo, Watermark, Audio Note, dan Document Scan. jika ingin memotret di malam hari, gunakan fitur Night Shot untuk memperoleh hasil yang maksimal. Ada mode Light Painting untuk melukis cahaya. Mode ini bisa digunakan sebagai kompensasi jika kita malas mengatur seting manual. Selain itu dalam mode ini kita dapat menemukan 2 fungsi lain, yaitu silky water dan star track yang berfungsi untuk memoto bintang.

Yang patut diacungi 2 jempol untuk fitur menu mode disini adalah foto monokrom/Black & White yang sangat bagus dan detail. Bisi dibilang inilah keunggulan utama kamera Huawei P9 yang mengusung teknologi Leica. Untuk fotografer  yang suka mengambil tema street photography, mode ini layak dicoba.

Yang mengasyikan dari fitur kamera ini selain menu mode adalah Mode Pro (dalam fotografi dikenal dengan mode manual, yaitu kita bisa mensetting ISO, metering, Focus, White Balance, Shutter Speed, dan Exposure Value sesuai kehendak kita). Caranya geser ke atas panah yang berada di dekat tombol shutter. Mode ini sangat cocok bagi pengguna kamera DSLR. Banyak kreasi dan hasil-hasil yang spektakular yang bisa dihasilkan oleh mode ini jika kita paham untuk mensettingnya, namun jika yang gak mau repot, cukup pake mode auto saja.

Untuk video kita bisa merekam video maksimal dengan kualitas Full HD 1080p dengan kecepatan 30fps. Tidak ada opsi untuk merekam1080p @ 60fps atau 4K. Penulis bisa memaklumi hal tersebut karena ponsel ini memang dilahirkan untuk dunia fotografi sejati.

Beberapa contoh jepretan Huawei P9
sdr

Monokrom Mode

Mode Pro (Small)

Mode Pro

cof

Mode Auto

cof

Mode Auto

mon

Monokrom Mode

mon

Monokrom mode

cof

Auto Mode

cof

Auto Mode

cof

Auto Mode

Kesimpulan

Banyaknya pilihan smartphone yang beredar saat ini memang cukup membuat bingung konsumen. Masing-masing menawarkan beragam kemampuan dan keunggulan yang berbeda dengan harga yang bervariasi. Huawei P9 adalah sebuah inovasi teknologi ponsel dengan kualitas kamera terbaik saat ini. Jika anda seorang yang mempunyai hobbi fotografi, ponsel ini layak untuk dijajal kemampuannya. Selama pengujian, penulis serasa membawa kamera DSLR namun dalam bentuk ponsel yang nyaman dibawa kesana kemari tanpa beban. Akan lebih menarik jika ke depannya Huawei melengkapi ponsel fotografi ini dengan lensa-lensa addon yang bisa dibeli terpisah dengan ukuran-ukuran lensa berbeda seperti halnya lensa DSLR. Dunia fotografi akan semakin praktis dengan adanya terobosan tersebut dan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi dunia fotografi DSLR. Dengan harga yang kompetitif dirange Rp.6,5-7jtan, bisa menjadi target anda untuk sebuah ponsel fotografi berkualitas premium dari Huawei (-Mikami)

 

Keunggulan Huawei P9:

– Kualitas kamera yang luar biasa dari Leica

– Banyak fitur menarik untuk mendukung fotografi

– Ram 3GB + processor Kirrin 955 lega tanpa lag

– Design Premium

– Kualitas audio sangat jernih

Kekurangan

– Kapasitas baterai sedang (3000 mah)

– Harga masih agak mahal namun untuk ukuran smartphone premium, P9 adalah salah satu yang paling affordable

– Accessoris ponsel masih terbatas




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.