Ini Headset VR Yang Dinantikan Para Pengguna iPhone

145

GadgetPlus.ID — Perangkat realitas maya (virtual reality/VR) yang paling populer saat ini adalah Google Cardboard dan Samsung Gear VR—selain Oculus Rift dan HTC Vive, tentunya. Sebentar lagi, pasar perangkat VR akan kedatangan produk baru bernama Occipital Bridge yang khusus ditujukan smartphone buatan Apple.

Apa yang membedakan Bridge dari Gear VR dan Cardboard, selain fakta bahwa perangkat ini dibuat secara eksklusif untuk iPhone, adalah ia bukan hanya sekadar casing plastik yang terpasang di kepala Anda. Peranti keras tambahanlah yang membuat Bridge istimewa, mencakup Structure Sensor posisi dan adaptor lensa bersudut lebar untuk kamera iPhone. Semua perangkat keras tersebut bersinergi dengan smartphone tidak hanya untuk mendeteksi gerakan kepala, tapi juga lokasi karena berhubungan dengan lingkungan di sekitar Anda.

Sensor, yang dipasang di bagian alis headset, menggunakan sistem pemindaian inframerah untuk mengukur jarak Anda dari objek-objek yang ada di sekitar. Itu artinya Anda bisa berjalan di ruang terbuka dan menduplikasi gerakan tersebut di dunia virtual.

Headset ini bisa memberikan peringatan sebelum Anda berlari mendekati objek di dunia nyata, dan menghasilkan model wireframe (skema rangka) dari apa yang terlihat sehingga Anda tidak akan menabrak dinding atau berjalan di atas meja. Berbeda dari Vive dan Rift, Bridge bisa melakukan semua itu tanpa membutuhkan sensor tambahan yang dipasang di sekeliling ruangan, atau kabel yang menghubungkannya ke komputer.

Berkat kamera bawaan iPhone, pengalaman augmented reality dan mixed reality bisa tersaji melalui kemampuan Bridge. Tentu saja, kesuksesan sebuah platform bergantung pada konten. Untuk itu, headset ini perlu ditangani oleh pengembang yang berbakat. Untuk saat ini, Bridge tersedia dalam dua paket, yaitu Explorer Edition seharga US$ 499 dan paket standar yang dibanderol US$ 399.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.