Hari Emoji Dunia, Apple Menampilkan MeMoji Terbarunya

742

Apple menampilkan beberapa emojinya dari 70 emoji baru pada hari Senin (16/7/18). Penyingkapan itu menandai awal dari Hari Emoji Sedunia, hari libur empat tahun yang merayakan kartun populer. Emoji baru tiba akhir tahun ini dalam pembaruan iOS terbaru, dan termasuk beberapa model rambut. Ada rambut keriting baru, rambut merah, rambut abu-abu dan pilihan tanpa rambut untuk emoji populer.

Craig Federighi, Apple SVP & Software Engineering, menyatakan dalam acara tersebut, bahwa mereka ingin membawa emoji jauh ke depan dan lebih bersifat personal ke dalam suatu era yang disebut oleh Craig sebagai “MeMoji” (Emoji Saya), yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh undangan yang hadir pada pengumuman tersebut.

Uniknya, Memoji ini bisa disesuaikan dengan karakter kita sendiri, atau membuat karakter lain sesuai keinginan Anda. Hal ini dipraktekan langsung oleh Software Program Manager yang menangani fitur emoji, Kelsey Peterson dalam Live Demo-nya.  Kita simak liputannya yang dilansir dari CNBC.

“Seperti biasa, beberapa permintaan yang paling vokal untuk emoji baru adalah tentang representasi, dan pembaruan ini memberikan beberapa permintaan yang paling umum. Terutama redheads dan opsi rambut keriting cenderung menjadi populer,” kata Jeremy Burge, pendiri Emojipedia dan pencipta World Emoji Day yang dilansir dari CNN Money.

“Seperti biasa, beberapa permintaan yang paling vokal untuk emoji baru adalah tentang representasi (tampilan), dan pembaruan ini memberikan beberapa permintaan yang paling umum. Terutama redheads dan opsi rambut keriting cenderung menjadi populer,” kata Jeremy Burge, pendiri Emojipedia dan pencipta World Emoji Day.

Namun, Anda tidak akan bisa memberi setiap karakter rambut merah, abu-abu atau keriting. Tidak ada pengantin berambut merah atau pelari, misalnya, dan dua emoji, pria dan wanita, bisa botak.

“Saya pikir beberapa pengguna akan terkejut jika mereka mengharapkan setiap emoji memiliki opsi berambut merah,” ucap Burge.

Sejumlah binatang realistis juga digabungkan dalam “kebun binatang” emoji, termasuk burung beo, kanguru, lobster, dan burung merak. Sementara itu, siapa pun yang bekerja di kantor yang terlalu ber-AC akan menghargai wajah yang dingin membekukan. Orang-orang yang senang akanan sehat akan menikmati berkirim pesan kepada teman-teman mereka dengan buah mangga atau selada, sementara yang lain akan pesta menggunakan emoji cupcake dan mooncake.

Emoji baru pertama kali diumumkan pada bulan Februari oleh Unicode Consortium, organisasi nirlaba yang mengelola standar emoji dunia. Daftar asli termasuk beberapa yang tidak dipratinjau dalam pengumuman Apple, seperti llama dan nyamuk. Apple mengatakan mereka akan disertakan ketika pembaruan bergulir.

Setiap perusahaan yang menggunakan emoji dalam produk mereka menempatkan spin mereka sendiri pada kartun kecil dan memilih opsi mana dari daftar master untuk disertakan. Interpretasi dapat menyebabkan kontroversi, seperti kesalahan penempatan busa Google pada emoji birnya, dan guncangan bahan-bahan yang tragis pada emoji hamburgernya. Keduanya telah diperbaiki.

“Saya berharap orang akan mencoba menggunakan World Emoji Day sebagai alasan untuk meringankan komunikasi online mereka,” kata Burge. “Sejujurnya, tidak ada yang lebih baik daripada ketika seseorang yang mungkin tampak agak menyendiri melalui email mengirim emoji dan akhirnya anda bernapas lega, mengetahui bahwa kita semua hanyalah manusia.”