Great Smartphone We Might Forget

276

Sebelum kita mengenal smartphone canggih dengan berbagai fitur berteknologi tinggi, selama bertahun-tahun perangkat ini berevolusi dengan susah payah. Ada perangkat yang untuk pertama kalinya mampu menyimpan kontak nomor dalam jumlah yang banyak, ada yang menyajikan fungsi terintegrasi, ada yang sanggup memutar MP3 pertama dan ada pula smartphone yang untuk pertama kalinya di dunia membenamkan fitur kamera. Apa saja mereka?

Apple iPhone

Antarmuka yang intuitif, layar sentuh yang mendukung gesture multi-touch dan mobile phone yang menawarkan pengalaman terbaik saat browsing web membuat Apple sanggup menjual iPhone sebanyak satu juta unit hanya dalam 74 hari. Terlebih lagi, iPhone eksis hampir sepanjang tahun tanpa App Store — yang saat ini menjadi alasan utama suksesnya generasi iPhone — membuat gadget ini mengubah laju smartphone hingga sekarang.

Blackberry 6210

Blackberry 6210 merupakan BlackBerry ke-10 yang dirilis oleh RIM namun menjadi yang pertama yang menggunakan fungsi telepon terintegrasi. Meskipun 5810 menjadi yang paling awal yang memiliki fungsi telepon, perangkat tersebut membutuhkan headset tambahan untuk bisa bekerja. Dirilis pada tahun 2003, 6210 menawarkan fitur email, telepon, SMS, web browser dan Blackberry Messenger.

Samsung Uproar

Uproar dari Samsung menjadi telepon seluler pertama dengan fungsi memutar MP3. Memori sebesar 64 MB yang disediakan sanggup menyimpan musik hingga durasi 1 jam. Sprint menjual Uproar dengan harga $400 pada 2001.

Motorola Razr V3

Perlu kita akui kalau Razr V3 menjadi ponsel pertama yang mengubah cara pandang pengguna ponsel yang menganggap perangkat ini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga perangkat yang stylish. V3 yang dibandrol seharga $500 kala itu, merupakan kombinasi apik antara bentuk dan fungsi dengan kemampuan Bluetooth, memutar MPEG-4 dan sebuah kamera dengan zooming hingga 4 kali. Tak ayal, V3 terjual sebanyak 110 juta unit dalam 4 tahun.

Palm Pilot 1000

Asistan digital pribadi (PDA) dari Apple, Newton, diperkenalkan pada 1993 dan tertatih-tatih karena fungsi hadwriting recognition nya yang di bawah standar. Tiga tahun kemudian, Palm merilis Pilot 1000 PDA yang pas dalam saku Anda serta mampu menyimpan 500 kontak dalam memori internal 128 KB nya. Tidak seperti Newton, fungsi pengenalan tulisan tangannya berjalan dengan baik.

Sharp J-SH04

Tidak terlalu banyak yang bisa dikatakan tentang J-SH04 kecuali ponsel ini merupakan ponsel pertama di dunia dengan fungsi kamera. Dikenalkan pada November tahun 2000 dan hanya tersedia di Jepang, J-SH04 membenamkan kamera dengan sensor 110.000 piksel.[BM]




Leave a Reply

Your email address will not be published.